Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Australia Graham Arnold mengatakan, laga skuadnya menghadapi Indonesia di Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa (10/9), di Jakarta, akan menyulitkan bagi kedua kesebelasan.

"Pertandingan itu bakal sulit bagi kedua tim tetapi akan menjadi pertarungan yang menarik," ujar Graham dalam konferensi pers pra-pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Senin.

Pria berusia 61 tahun itu menyebut, Indonesia adalah tim yang sulit ditundukkan apalagi skuad "Garuda" bermain di kandang sendiri.

Namun, Graham menegaskan, tidak selamanya tim tuan rumah mendapatkan keuntungan dari dukungan juga teriakan suporter.

Menurut dia, sokongan pendukung di stadion dapat pula menjadi bumerang yang justru akan membebani timnas Indonesia.

"Dukungan suporter dapat berubah menjadi tekanan bagi tuan rumah," tutur Graham.

Baca juga: Shin: Timnas Indonesia percaya diri hadapi Australia

PSSI memastikan lebih dari 60 ribu suporter timnas Indonesia akan memenuhi SUGBK pada laga versus Australia setelah seluruh tiket untuk pertandingan itu habis terjual.

Mendengar hal itu, Graham Arnold justru merasa situasi tersebut positif lantaran stadion akan meriah.

Apa yang disampaikan pelatih timnas U-23 Australia pada 2018-2021 tersebut sejalan dengan pendapat bek timnya Aziz Behich.

Menurut pemain klub Melbourne City itu menyebut bahwa dia dan rekan-rekannya tidak sabar untuk merasakan atmosfer SUGBK.

"Kami sangat bersemangat. Kami memperkirakan besok akan menjadi laga yang kompetitif jadi kami mempersiapkan diri untuk menampilkan performa terbaik," kata Aziz.

Indonesia akan menghadapi Australia pada laga lanjutan Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (10/9), mulai pukul 19.00 WIB.

Pertandingan itu akan menjadi laga kedua untuk kedua tim di kualifikasi tersebut. Pada laga pertama, Indonesia menangan imbang tuan rumah Arab Saudi 1-1 dan Australia ditekuk tim tamu Bahrain dengan skor 0-1.

Saat ini, Indonesia berada di posisi keempat klasemen dengan satu poin sementara Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di bawah peringkat satu Jepang (enam poin), kedua Bahrain (enam poin) dan ketiga Arab Saudi (satu poin). Di posisi kelima dan keenam ada Australia dan China dengan nol poin.

Baca juga: Justin Hubner siap tempur kontra Australia

Baca juga: Justin: Kualitas Indonesia kini berbeda dengan timnas Piala Asia 2023


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024