Jadwal pelayaran dari Mamuju menuju Balikpapan selama ini, hanya sekali dalam seminggu, sehingga dengan adanya penambahan jumlah kapal Ferry PT ASDP, maka jadwal rute pelayanan juga akan bertambah menjadi dua kali dalam sepekan
Mamuju (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sulbar, Bahtiar Baharuddin minta agar PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) di Kota Balikpapan, menambah jumlah kapal Ferry yang beroperasi di pelabuhan Simboro Kabupaten Mamuju.

Penambahan jumlah kapal Ferry tersebut bertujuan agar jadwal rute pelayaran Mamuju menuju Balikpapan atau sebaliknya, juga dapat ditambah menjadi dua kali dalam sepekan, kata Bahtiar Baharuddin di Mamuju, Senin.

"Jadwal pelayaran dari Mamuju menuju Balikpapan selama ini, hanya sekali dalam seminggu, sehingga dengan adanya penambahan jumlah kapal Ferry PT ASDP, maka jadwal rute pelayanan juga akan bertambah menjadi dua kali dalam sepekan," katanya.

Menurut dia, penambahan Kapal dan jadwal pelayaran tersebut, agar dapat mengangkut penumpang maupun komoditi hasil pertanian Sulbar untuk dipasarkan di seluruh wilayah Kalimantan Timur.

Ia menyampaikan, Pemprov Sulbar melihat peluang bisnis hasil pertanian di Kalimantan yang telah menjadi ibukota negara (IKN), sehingga transportasi laut mesti dibuat lancar mendukung aktivitas ekonomi masyarakat Mamuju.

"Pemprov Sulbar berupaya agar jadwal pelayanan menuju Kota Balikpapan dari Kota Mamuju dapat melayani setiap hari, dan juga melayani rute pelayaran pada sejumlah kota di Kalimantan seperti Kota Samarinda dan Bontang.

Ia mengatakan, Pemprov Sulbar juga akan menjalin kerja sama investasi dengan PT. Belibis Putra yang akan membuka rute pelayanan kapal dari Kota Mamuju menuju sejumlah kota di Kalimantan

"Apabila pelayanan pelayaran Mamuju ke Kalimantan maupun aktivitas ekonomi dan bisnis masyarakat, maka akan membuat kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi Sulbar juga meningkat," katanya.

Baca juga: Pertanian, kehutanan dan perikanan sumbang 44,59 persen PDRB Sulbar
Baca juga: Pemprov Sulbar targetkan pendapatan petani Rp15 juta

Pewarta: M.Faisal Hanapi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024