Medan (ANTARA) - Tim biliar Sumatera Utara berhasil melaju ke final kelas putra english billiard-double frame setelah menumbangkan tim Jawa Barat pada laga semifinal cabang biliar PON Aceh-Sumut 2024 di Pardede Hall, Medan, Senin.

Tim tuan rumah yang diwakili pebiliar Marlando dan Jaka menghentikan langkah wakil tim Jawa Barat Irwanto dan Sulfikri dengan skor 3-1.

Kedua tim sempat bermain imbang pada dua set pertama dengan skor 1-1. Marlando dan Jaka mampu mengambil alih dominasi permainan setelah lebih dahulu mencapai poin 100 pada set ketiga.

Marnando yang menambah poin secara signifikan pada set ketiga mampu mengejar Jawa Barat dan mencapai poin 103 untuk mengunci kemenangan yang mengantar mereka ke laga perebutan medali emas.

"Kami cukup puas dengan kemenangan ini yang menjadi modal penting bagi kami untuk menghadapi final," ujar Marnando.

Setelah kemenangan itu, ia bersama rekannya akan bersiap menghadapi DKI Jakarta di partai pamungkas perebutan medali emas pada Selasa (10/9).

Ia menambahkan, keduanya bertekad melanjutkan dominasi untuk dengan bermain lebih baik pada laga pamungkas yang menentukan gelar juara.

Tim DKI Jakarta yang diwakili pebiliar Jahja Johanes Halim dan Toni Setiadi lebih dahulu memastikan tempat di final setelah mengalahkan tim Daerah Istimewa Aceh dengan skor telak 3-0.

Cabang biliar PON Aceh-Sumut 2024 mulai dimainkan pada Senin (9/9) dengan menyuguhkan beberapa kelas yaitu pool putra, pool putri, carom, english billiard, dan snooker.

Kejuaraan biliar pada pesta olahraga terbesar di tanah air itu diikuti sebanyak 141 atlet yang terdiri dari 127 atlet putra dan 14 atlet putri yang berasal dari 32 provinsi.

Baca juga: Tim sepak bola putri PON Babel kalahkan Sumut 2-0

Baca juga: 122 pecatur siap bersaing di PON 2024

Baca juga: Warga padati area depan venue pembukaan PON 2024 tunggu Jokowi

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024