Jakarta (ANTARA) - Setiap musim, NBA atau liga basket Amerika Serikat selalu menyuguhkan pertandingan-pertandingan yang menarik dari reguler season hingga babak play off sebelum berakhir di partai final.

Pemain-pemain hebat dunia pasti memiliki mimpi untuk bermain di liga ini. Tidak heran, jika NBA menjadi tempat berkumpul pemain-pemain nomor wahid di dunia basket.

Setiap tahunnya NBA memunculkan pemain baru yang masih berusia muda, biasanya pemain-pemain ini telah diseleksi dalam berbagai aspek mulai dari fisik, skills, hingga latar belakang.

Pemain ini nantinya memasuki sistem NBA Draft yang setiap tahunnya menyortir pemain baru yang akan dipilih setiap tim yang berlaga.

Dari sanalah asal muasal pemain hebat dan bintang basket dunia lahir dan mengawali kariernya dari level Rookie hingga menjadi legenda.

Berikut ini daftar 10 pemain terbaik NBA tahun 2024.

*Keterangan: Ppg (Point per game), rpg (rebound per game), apg (assist per game), bpg (block per game), spg (steal per game), FG (field goals), 3P (Three point).

1. Lebron James
 
LeBron James #06 AS memberi isyarat pada pertandingan bola basket perempat final putra antara Brasil dan AS pada Olimpiade Paris 2024 di Bercy Arena di Paris pada Selasa (6/8/2024). (ANTARA/AFP/Aris Messinis)


Dengan umur yang tidak muda lagi Lebron James masih tampil gemilang bersama LA Lakers dengan statistik musim ini berada di angka: 25.8 ppg, 8.3 apg, 7.3 rpg, 1.3 spg, 0.6 bpg, 54.2 FG%, 40.9 3P% dalam 76 games

Lebron juga mendapatkan penghargaan 3rd Team All-NBA dan masuk ke dalam tim NBA All Stars.

Ia juga berhasil membawa timnas basket Amerika Serikat meraih emas Olimpiade Paris 2024 sebagai gelar terbaik dalam basket Amerika.

2. Nikola Jokic
 
Bintang Denver Nuggets Nikola Jokic menyapa penonton pada akhir pertandingan playoff NBA Wilayah Barat melawan Minnesota Timberwolves yang dimenangi Nuggets dengan skor 112-97 di Ball Arena, Denver, Colorado, Selasa (14/5/2024). ANTARA/Getty Images via AFP/Matthew Stockman/am.

Pemain asal Serbia ini menjadi salah satu pemain terhebat di NBA tahun 2024, dikenal karena kemampuan bermainnya yang serba bisa dan kecerdasannya di lapangan.

Sebagai center, Jokic mendobrak batasan posisi tradisional dengan kemampuan playmaking luar biasa, yang memungkinkannya menjadi pengatur serangan layaknya seorang point guard. Visi dan passing-nya yang luar biasa sering kali menciptakan peluang bagi rekan setim, menjadikannya motor penggerak serangan Denver Nuggets.

Selain keterampilan playmaking, Jokic juga merupakan pencetak angka yang sangat efisien. Ia memiliki berbagai teknik skor, baik dari dalam paint maupun tembakan jarak jauh, membuatnya sulit untuk dihentikan oleh lawan.

Di musim 2023-24, Jokic mendominasi berbagai statistik penting seperti VORP (Value Over Replacement Player), BPM (Box Plus-Minus), dan WS/48 (Win Shares per 48 Minutes), mempertegas statusnya sebagai peraih gelar MVP di regular season.

Jokic juga dikenal karena ketenangannya di bawah tekanan, mampu tetap konsisten dan produktif di momen-momen krusial. Meskipun Denver Nuggets gagal mempertahankan gelar pada 2024, performa individual Jokic tetap luar biasa, menunjukkan bahwa ia adalah sosok sentral dalam perburuan gelar NBA, dan mungkin akan terus menjadi salah satu pemain paling dominan di liga untuk tahun-tahun mendatang.

Statistik Jokic musim 2024: 26.7 ppg, 12.5 rpg, 8.9 apg, 1.4 spg, 0.8 bpg, 57.7 FG%, 34.2 3P% dalam 91 games.

3. Luka Dončić
 
Luka Doncic. (ANTARA/AFP/TIM HEITMAN)


Luka Dončić, bintang asal Slovenia yang terus memperkokoh posisinya sebagai salah satu pemain terhebat di NBA pada tahun 2024. Di usianya yang masih relatif muda, Dončić telah memukau dunia basket dengan kombinasi kemampuan mencetak angka, visi lapangan luar biasa, serta kecerdasannya dalam bermain.

Sebagai pemain serba bisa yang mampu mendominasi permainan di berbagai aspek, Dončić telah menjadi pilar utama bagi Dallas Mavericks dan menjadi ancaman konstan bagi tim-tim lawan.

Statistik Doncic musim 2024: 32.7 ppg, 9.3 rpg, 9.4 apg, 1.5 spg, 0.5 bpg, 47.7 FG%, 36.9 3P% in 92 games

4. Stephen Curry
​​​​​​​
Stephen Curry. (Getty Images via AFP/KEVIN C. COX)


Pada tahun 2024, Stephen Curry terus diakui sebagai salah satu pemain terhebat dalam sejarah NBA. Sebagai pionir dalam mengubah gaya permainan dengan kemampuan tembakan tiga angka yang luar biasa, Curry tidak hanya menjadi ikon era modern tetapi juga mendominasi permainan dengan kecepatan, kelincahan, dan visi lapangan yang luar biasa.

Ia konsisten menjadi pemain andalan di Golden State Warriors, ia telah memenangkan 4 kali gelar juara NBA, meraih penghargaan MVP 2 kali, dan menetapkan standar baru dalam hal keahlian menembak.

Meskipun usianya semakin bertambah, Curry tetap menjadi ancaman besar di lapangan, ia terus menunjukkan ketajaman dan kecerdasan bermain yang tak tertandingi.

Statistik Curry musim 2024: 26.4 ppg, 5.1 apg, 4.5 rpg, 0.7 spg, 0.4 bpg, 45.0 FG%, 40.8 3P% dalam 74 games.

5. Kevin Durant
​​​​​​​
Kevin Durant. ANTARA/AFP/Getty Images/Matthew Stockman/am.


Meskipun pada musim 2023-24 ia mengakhiri musim lebih awal , Kevin Durant tetap tampil luar biasa dan meraih penghargaan All-NBA Second Team.

Perlu diingat, hanya beberapa musim yang lalu Durant hampir membawa tim Brooklyn Nets yang kekurangan pemain ke Final Wilayah Timur, sebelum akhirnya kalah dari Milwaukee Bucks, yang kemudian menjadi juara, dalam perpanjangan waktu Game 7.

Statistik Durant musim 2024: 27.1 ppg, 6.6 rpg, 4.9 apg, 1.2 bpg, 0.9 spg, 52.4 FG%, 41.3 3P% dalam 79 games.

6. Jayson Tatum
 
Foto arsip - Aksi pemain Boston Celtics, Jayson Tatum. (Getty Images via AFP/MADDIE MEYER)
​​​​​​​
Tatum menjadi pemain kunci Boston Celtics pada musim ini, ia adalah pemain pertama yang memimpin torehan poin, rebound dan assist, namun tidak mendapatkan gelar MVP Finals sejak penghargaan itu ada.

Statistik Tatum musim 2024: 26.5 ppg, 8.4 rpg, 5.2 apg, 1.0 spg, 0.6 bpg, 46.2 FG%, 35.9% dalam 93 games

7. Anthony Edwards
 
Anthony Edwards (kiri) saat berebut bola dengan Gary Payton II (kanan) dalam laga di Target Center Minneapolis, Minnesota, Minggu (24/3/2024). ANTARA/AFP/David Berding/am.

​​​​​​​
Mirip dengan Dwyane Wade yang masih dalam kontrak rookie-nya saat memimpin Miami Heat meraih gelar juara NBA 2006, Anthony Edwards juga menjadi pemain kontrak rookie terbaik di NBA musim ini, karena perpanjangan kontrak maksimalnya baru akan berlaku pada musim 2024-25.

Minnesota Timberwolves memanfaatkan hal tersebut hingga mencapai partai Final Wilayah Barat dan menyingkirkan juara bertahan, Denver Nuggets, berkat kecemerlangan Edwards.

Walaupun masih berstatus rookie, Anthony Edwards juga turut serta menjadi bagian penting timnas Amerika Serikat dalam meraih emas Olimpiade Paris 2024 lalu.

Statistik Edwards musim 2024: 26.2 ppg, 5.7 rpg, 5.4 apg, 1.3 spg, 0.5 bpg, 46.4 FG%, 36.5 3P% dalam 95 games.

8. Giannis Antetokounmpo
​​​​​​​
Tangkapan layar pebasket Giannis Antetokounmpo dalam unggahan akun Instagram FIBA, memakai baju tim nasional bola basket Yunani, Jakarta, Rabu (24/7/2024, 20.10 WIB). ANTARA/Instagram/@fiba/Donny Aditra


The Greek Freak (Julukan Giannis) merupakan salah satu pemain terhebat di NBA 2024 yang terus menunjukkan dominasinya sebagai "Two-way player" yang luar biasa.

Dikenal karena kekuatan fisiknya yang luar biasa, kelincahan di lapangan, dan kemampuan defensif yang solid, Giannis juga merupakan ancaman besar di sisi ofensif dengan kemampuan mencetak poin di paint area, menyerang ring, dan memimpin serangan fast break.

Sebagai peraih MVP dua kali, Antetokounmpo menjadi pusat kekuatan Milwaukee Bucks dan menjadi salah satu pemain paling dominan di liga, dengan kemampuannya mempengaruhi permainan di kedua sisi lapangan.

Statistik Giannis Antetokounmpo musim 2024: 30.4 ppg, 11.5 rpg, 6.5 apg, 1.2 spg, 1.1 bpg, 61.1 FG%, 27.4 3P% dalam 73 games

9. Jaylen Brown
 
Pebasket Boston Celtics Jaylen Brown (7) beraksi setelah lemparan bolanya berhasil meraih tiga poin ke keranjang Los Angeles Lakers dalam pertandingan lanjutan NBA di Crypto.com Arena​​​​​​​, Los Angeles, California, Amerika Serikat, Selasa (26/12/2023). Boston Celtics menang atas tuan rumah LA Lakers 126-115​​​​​​​. ANTARA FOTO/USA TODAY Sports via Reuters/Gary A. Vasquez/nym.

​​​​​​​
Brown meraih MVP Finals pertama sejak Andre Iguodala yang memenangkan penghargaan tersebut tanpa masuk ke dalam tim All-NBA pada musim yang sama, hal itu membuat keputusan untuk tidak memasukkan Brown ke All-NBA terlihat semakin buruk jika dilihat dari sudut pandang sekarang.

Secara keseluruhan, sungguh merupakan musim yang luar biasa bagi mantan bintang dari University of California tersebut.

Jaylen Brown memberikan permainan yang gemilang bersama Boston Celtics, ia dan Jayson Tatum berhasil membawa tim berwarna hijau itu meraih gelar juara NBA musim 2024.

Statistik Jaylen Brown musim 2024: 23.2 ppg, 5.6 rpg, 3.5 apg, 0.6 bpg, 1.2 spg, 50.3 FG%, 34.8 3P% dalam 89 games

10. Victor Wembanyama
 
Victor Wembanyama dari Prancis #32 merayakan setelah Prancis memenangkan pertandingan bola basket semifinal putra antara Prancis dan Jerman pada Olimpiade Paris 2024 di Bercy Arena di Paris pada Kamis (8/8/2024). (ANTARA/AFP/Aris Messinis)
​​​​​​​

Sebagai pemain debutan asal Prancis, Wemby sebutan akrab dirinya, kerap menampilkan permainan yang apik. Pemain dengan tinggi 224 cm ini memberikan dampak positif bagi San Antonia Spurs yang merekrutnya dalam Draft pick nomor urut 1 tahun 2023 lalu. Dengan tinggi yang menjulang ini, tidak menghalangi Wemby untuk tampil lincah dalam dribble bola dan kerap kali drive in ke sisi pertahanan lawan.

Pemain ini bisa dibilang lengkap, dari postur yang tinggi, kelincahan, dan juga tembakannya. Jarang sekali pemain dengan tipikal postur sangat tinggi memiliki tembakan yang bagus, tapi kali ini Wemby bisa melakukannya dengan baik.

Statistik Victor Wembanyama musim 2024: 21.4 ppg, 10.6 rpg, 3.9 apg, 3.6 bpg, 1.2 spg, 46.5 FG%, 32.5 3P% in 71 games
​​​​​​​
Selain nama-nama di atas, masih banyak lagi deretan pemain NBA yang memiliki statistik dan permainan yang tak kalah bagusnya. Nama-nama seperti Kyrie Irving, Klay Thompson, Kawhi Leonard, James Harden, dan masih banyak lagi juga memiliki kemampuan yang telah diakui kehebatannya.


Baca juga: LeBron tak mau dipanggil "ayah" oleh Bronny selama di Lakers

Baca juga: Pelatih dan ofisial NBA prediksi Wembanyama bersinar musim depan

Baca juga: Curry hingga Jokic, bintang NBA yang bersinar di Olimpiade Paris ​​​​​​​

Pewarta: Raihan Fadilah
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024