Jakarta (ANTARA) - Kementerian Sosial (Kemensos) mengadakan bakti sosial di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan guna menyalurkan berbagai bantuan kepada 750 penerima manfaat.

"Kementerian Sosial memberikan bantuan dengan total nilai bantuan sebesar Rp5,82 miliar untuk Kabupaten Kepulauan Selayar," ucap Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kemensos Supomo dalam rilis di Jakarta, Senin, ketika menyerahkan bantuan itu secara simbolis kepada penerima manfaat.

 

Kabupaten Kepulauan Selayar satu-satunya kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan yang seluruh wilayah terpisah dari daratan Pulau Sulawesi.

Akses menuju kabupaten tersebut hanya bisa ditempuh menggunakan jalur darat-laut. Perjalanan darat ditempuh sejauh 207 kilometer selama enam jam dari Makassar menuju Pelabuhan Bira, kemudian berlanjut dengan perjalanan laut menuju Pulau Selayar menggunakan kapal feri sejauh 14 mil laut selama dua jam.

 

Ia mengatakan tim Kemensos telah diterjunkan ke Kepulauan Selayar sejak Juli 2024 guna melakukan pendataan dan asesmen. Hal itu dilakukan untuk memastikan bantuan diberikan secara tepat sasaran.

Baca juga: Mensos Risma salurkan bantuan untuk korban banjir di Sanggau Kalbar
 

Bantuan, katanya, tidak hanya diberikan begitu saja, tetapi juga ada pendampingan dari tim Kemensos.
 


Dalam kesempatan itu, Kemensos memberikan berbagai layanan, di antaranya pemeriksaan kesehatan umum, pemeriksaan pasien orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) serta layanan pemeriksaan fisioterapi.
 


Kemensos juga menyerahkan sejumlah alat bantu bagi disabilitas yang terdiri atas 46 alat bantu dengar, delapan kursi roda elektrik, 15 kursi roda standar, tiga kursi roda dewasa (CP), tiga kursi roda anak (CP), 25 tongkat kaki tiga, tujuh walker, 10 tongkat kruk, tiga tongkat adaptif, dan satu kaki palsu.
 


Bantuan lainnya, 27 paket bantuan kewirausahaan bagi penyandang disabilitas, 100 paket bantuan nutrisi dan kebersihan diri untuk anak, dua instalasi pengolah air bersih, 50 unit penerangan jalan umum tenaga surya (PJUTS), dua unit bantuan rumah sejahtera terpadu (RST), bantuan YAPI untuk 102 anak.

Selain itu, 85 paket perlengkapan sekolah, 21 paket sarana dapur, 42 paket sarana kamar, 25 paket bantuan kewirausahaan individu, dan delapan paket bantuan kewirausahaan kelompok dengan total bantuan yang diberikan Kemensos di Kabupaten Kepulauan Selayar senilai Rp5,82 miliar.


Baca juga: Kelompok nelayan di Ambon terima bantuan perahu dari Kemensos
Baca juga: Kemensos berikan bantuan air bersih untuk 4.000-an warga di Cilacap


Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024