Jakarta (ANTARA) - Renang menjadi salah satu olahraga yang digemari oleh banyak orang dari berbagai kalangan usia. Olahraga ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kekuatan otot, melatih pernapasan, memperbaiki fleksibilitas tubuh serta meningkatkan stamina.

Dalam olahraga renang, terdapat berbagai teknik gaya renang yang bisa dipelajari. Berikut adalah jenis-jenis gaya renang:

1. Renang gaya bebas

Gaya bebas memungkinkan perenang untuk menggunakan kebebasan dalam menggerakkan tangan dan kaki agar tubuh meluncur cepat. Meskipun disebut gaya bebas, teknik ini tetap memiliki aturan.

Tubuh harus berada di permukaan air, tangan mengayuh ke depan, sementara kaki melakukan gerakan menendang seperti gunting. Pengambilan napas pada gaya bebas dilakukan saat tangan diangkat ke atas, dengan kepala digerakkan ke samping untuk menarik napas melalui mulut atau hidung.

2. Renang gaya dada (gaya katak)

Gaya dada atau juga dikenal sebagai gaya katak, dilakukan dengan posisi dada menghadap permukaan air. Berbeda dari gaya bebas pada renang gaya katak posisi tubuh sebisa mungkin harus tetap stabil.

Kedua kaki menendang ke luar, sementara tangan diluruskan ke depan dan kemudian dibuka ke samping untuk mendorong tubuh maju. Gerakan ini menyerupai gerakan katak sehingga disebut dengan gaya katak. Pernapasan dilakukan ketika mulut berada di permukaan air, setelah satu atau dua kali gerakan tangan dan kaki.

3. Renang gaya kupu-kupu

Gaya kupu-kupu, atau butterfly stroke, merupakan salah satu gaya renang yang sering diperlombakan. Karena gerakan kakinya yang menyerupai lumba-lumba, gaya ini juga dikenal sebagai gaya lumba-lumba.

Dibandingkan gaya renang lainnya, gerakan gaya kupu-kupu memerlukan kekuatan lebih besar. Gerakan ini melibatkan ayunan kedua tangan secara bersamaan dan dorongan kaki yang serentak, ketepatan irama ayunan kedua tangan dan dorongan kaki sangatlah penting.

4. Renang gaya punggung

Gaya punggung, atau backstroke, merupakan satu-satunya gaya renang yang dilakukan dalam posisi telentang dengan punggung menghadap permukaan air. Teknik ini cocok untuk semua tingkatan perenang, dari pemula hingga yang ahli.

Gerakan gaya punggung cenderung santai dengan kecepatan rendah serta pernapasan yang lebih mudah karena wajah selalu berada di atas air.

5. Renang gaya samping

Gaya samping adalah gaya renang yang jarang digunakan kecuali untuk tujuan rekreasi. Gaya ini dilakukan dengan menggerakkan tubuh menggunakan satu sisi saja.

Satu tangan berada di dalam air melakukan gerakan melingkar untuk mendorong tubuh, sementara tangan yang lain rileks di atas air dan lurus ke arah kepala.

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024