Jiwa patriotik kami bukan hanya soal politik luar negeri, melainkan juga bagaimana mengelola ekonomi di tengah kompetisi global.
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Dita Indah Sari optimistis Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka setelah pelantikan pasangan calon terpilih ini sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI, 20 Oktober 2024, akan pro kedaulatan ekonomi.

Akan tetapi, Dita mengharapkan para menteri bidang perekonomian pemerintahan mendatang harus berani memilih sektor prioritas dengan mempertimbangkan serapan tenaga kerja.

"PKB mengusulkan fokus pada empat sektor, yaitu pertanian, kelautan, manufaktur, dan pariwisata," kata Dita dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.

Selain itu, dia mengatakan bahwa PKB meyakini pemerintahan mendatang tidak akan malas memberikan perlindungan bagi industri prioritas, termasuk penegakan hukum.

PKB berharap menteri-menteri ekonomi berikutnya memiliki fokus yang sama dengan concern PKB dan harapan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

"Jiwa patriotik kami bukan hanya soal politik luar negeri, melainkan juga bagaimana mengelola ekonomi di tengah kompetisi global," ujarnya.

Terkait dengan pemutusan hubungan kerja (PHK) sejak awal tahun hingga Agustus 2024, terutama pada sektor manufaktur dan industri tekstil dan produk tekstil (TPT) yang mencapai 46.240 orang, dia mengharapkan menteri bidang perekonomian pemerintahan mendatang dapat mengatasi hal tersebut.

Menurut dia, banyaknya PHK di industri tersebut karena impor barang yang tidak memperhatikan jumlah produk lokal, terlebih, impor lebih mudah dengan tinggal memesan, bayar, dan datang.

"Tentu juga karena ada yang menikmati selisih harga antara produk impor yang jauh lebih murah dengan harga lokal. Kalau impor ilegal, ya, itu langsung urusannya penegak hukum, dari bea cukai dan polisi," katanya.

Baca juga: Atasi polusi udara, PR dari ISF 2024 untuk pemerintahan Prabowo
Baca juga: Pemerintahan Prabowo diharapkan atasi polusi udara jadi prioritas

Pewarta: Rio Feisal
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024