Jakarta (ANTARA) - Renang adalah salah satu olahraga yang sangat populer dan digemari banyak orang. Renang merupakan aktivitas yang memerlukan gerakan yang cukup kompleks. Untuk berenang dengan baik, kita perlu mengoordinasikan gerakan tangan, kaki, dan teknik pernapasan secara seimbang.

Olahraga renang sudah ada sejak jaman dahulu. Dalam sejarahnya perlombaan renang sudah dimulai di Eropa sejak era 1800 an. Renang menjadi salah satu cabang olahraga yang dilombakan sejak Olimpiade Athena 1896. Nomor renang putri dilombakan sejak Olimpiade Stockholm tahun 1912.

Dalam olahraga renang, terdapat macam-macam gaya renang yang bisa dipelajari antara lain seperti renang gaya bebas, renang gaya dada, renang gaya punggung dan renang gaya kupu-kupu.

Ada beberapa faktor fisik yang penting pada saat melakukan olahraga renang yaitu kecepatan, kekuatan, daya tahan serta koordinasi gerakan.

Karena seluruh tubuh bergerak saat berenang, olahraga ini memberikan banyak manfaat kesehatan. Berikut adalah sejumlah manfaat dalam melakukan olahraga renang:

1. Berenang bisa meningkatkan kesehatan jantung

Seperti bentuk latihan aerobik lainnya, berenang bisa membuat jantung dan paru-paru Anda lebih sehat dan kuat. berenang memungkinkan jantung menjadi lebih kuat dan paru-paru menjadi lebih efisien dalam memanfaatkan oksigen.

2. Memperkuat paru-paru

Berenang melatih otot-otot yang digunakan untuk bernapas, sehingga bisa meningkatkan kapasitas paru-paru dan memperbaiki teknik pernapasan.

3. Meningkatkan fungsi otak

Olahraga secara umum sudah terbukti baik untuk kesehatan otak, namun penelitian menemukan bahwa berenang memiliki manfaat yang lebih signifikan dalam meningkatkan kognisi dan fungsi otak.

4. Membantu tidur lebih nyenyak

Rutin berenang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Olahraga membantu tubuh mengatur pola tidur dan menjaga ritme alami tidur.

5. Membentuk otot

Air memberikan daya tahan alami yang membantu membentuk otot dan membuat tubuh lebih kuat. Karena air lebih tahan daripada udara, berenang lebih cepat membentuk otot dibandingkan dengan olahraga di darat seperti berlari atau bersepeda.

6. Membakar kalori Berenang bisa membakar kalori karena melibatkan seluruh tubuh dalam gerakan, mulai dari tangan, kaki, hingga otot inti. Selain itu, air memberikan resistensi yang membuat otot bekerja lebih keras, sehingga tubuh membakar lebih banyak energi untuk bergerak.

7. Mengurangi stres

Berenang dapat melepaskan endorfin dan perasaan rileks yang mirip seperti saat sedang melakukan yoga. Berada di dalam air baik di kolam renang atau sungai bisa membantu menenangkan pikiran, menghilangkan stres, dan dapat mengurangi depresi.

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024