Tangerang (ANTARA) - Komisi III DPR RI mendukung peningkatan RSUD Kota Tangerang Banten dari kelas C menjadi B guna memperkuat pelayanan kesehatan secara optimal kepada masyarakat.

"Saya lihat ke lapangan secara infrastruktur, jalan serta fasilitas di RSUD Kota Tangerang sudah cukup baik dan lengkap, tinggal kelasnya saja ini yang ditingkatkan, kita dukung untuk pelayanan maksimal ke masyarakat,” kata Anggota Komisi III DPR RI Achmad Dimyati Natakusumah saat kunjungan kerja ke Kota Tangerang, Senin.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Komisi III juga menyerap permasalahan-permasalahan di Kota Tangerang, termasuk melihat sejauh mana perkembangan pelayanan kesehatan di daerah itu melalui keberadaan RSUD setempat.

“Hasilnya, salah satunya ialah adanya peningkatan kelas RSUD Kota Tangerang yang harus jadi prioritas," katanya.

Penjabat Wali Kota Tangerang Nurdin menyampaikan daerah itu telah mencapai Universal Health Coverage (UHC) dengan cakupan 99,71 persen atau melampaui target yang ditetapkan secara nasional yakni 98 persen.

Dalam upaya meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan, Pemkot Tangerang telah memiliki 34 rumah sakit yang tersebar di seluruh wilayah tersebut.

Baca juga: RSUD Kota Tangerang luncurkan layanan persalinan caesar metode ERACS

Selain itu, dua rumah sakit yang baru sedang dalam tahap pembangunan, salah satunya berlokasi di Kecamatan Benda.

"Saat ini, rumah sakit tersebut masih dalam proses pembangunan, yang diharapkan dapat segera beroperasi," katanya.

Ia juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada DPR RI atas dukungan yang diberikan, yang menjadi fondasi penting bagi keberhasilan program-program pembangunan kesehatan di Kota Tangerang.

"Kami sangat berterima kasih kepada DPR RI atas dukungan yang telah diberikan, sehingga dapat menghadirkan layanan kesehatan di Kota Tangerang ke arah yang lebih baik," katanya.

Sekretaris Daerah Kota Tangerang Herman Suwarman mengatakan Pemkot Tangerang mengapresiasi langkah Komisi III DPR RI yang menjadikan daerah itu sebagai tujuan kunjungan kali ini.

“Komisi III DPR RI tadi menyampaikan hal terkait Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tangerang, yang saat ini diketahui masih kelas C dan dalam proses peningkatan ke kelas B, semoga dengan kunjungan ini DPR RI dapat membantu segala proses peningkatannya, baik di tingkat kementerian, sarana prasarana, maupun anggaran,” katanya.

Ketua sementara DPRD Kota Tangerang Kosasih berharap, kehadiran DPR RI kali ini ke Kota Tangerang, dapat membawa perubahan yang lebih baik untuk pelayanan kesehatan di daerah itu.

“Mudah-mudahan kehadiran DPR RI dapat membawa pencerahan terhadap RSUD Kota Tangerang. Kami DPRD Kota Tangerang mendukung penuh dan yang kita nanti-nantikan, bahwa Kota Tangerang harus memiliki RSUD tipe B dengan peningkatan pelayanan yang maksimal,” katanya.

Baca juga: RSUD Kota Tangerang sediakan layanan alat bantu kaki pasien bengkok
Baca juga: Dirut RSUD: Jangan ragu periksa kesehatan mental di RS
Baca juga: RSUD Kota Tangerang segera buka pelayanan bagi masyarakat umum

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024