Banda Aceh (ANTARA) - Atlet selam kolam atau finswimming dari 21 provinsi peserta Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara mulai melakukan uji coba arena pertandingan di Kolam Tirta Raya Banda Aceh, sebagai upaya penyesuaian diri sebelum dimulai perlombaan.

Technical Delegate (TD) cabang olahraga selam kolam Rekha Ratri Julianti di Banda Aceh, Senin, mengatakan pihaknya memberi waktu dua hari untuk masing-masing kontingen melakukan latihan resmi atau uji coba arena sebelum dimulai pertandingan pada 11-13 September mendatang.

“Untuk vanue sudah digunakan sejak tadi pagi, latihan resmi para atlet,” kata Rekha.

Ia menjelaskan, pihaknya terus merampungkan berbagai persiapan pertandingan cabang olahraga selam kolam pada PON XXI. Pihaknya juga telah melakukan bimbingan teknis bagi setiap komponen kepanitiaan, termasuk penyegaran bagi wasit.

Dari sisi vanue, lanjut Rekha, persiapan sudah mencapai mencapai 99 persen. Venue kolam renang tersebut telah direnovasi dengan standar nasional, yang memiliki delapan lintasan.

Di arena venue, pihaknya terus menyelesaikan persiapan. Katanya, masih ada beberapa komponen yang masih belum terpasang di arena pertandingan, salah satunya seperti tempat upacara penghargaan pemenangan (UPP) dan lain-lain.

“Masih ada touchpad yang belum dipasang, dan masih ada komponen-komponen seperti UPP, scoring board itu belum terpasang. Untuk SDM 80 persen sudah siap,” kata Rekha.
Tiga atlet melakukan uji coba latihan di arena PON XXI Aceh-Sumut di Kolam Renang Tirta Raya, Banda Aceh, Senin (9/9/2024). (ANTARA/Khalis Surry)


Pada PON XXI Aceh-Sumut terdapat 107 atlet yang bakal berebut 19 medali emas dari 19 nomor pertandingan putra dan putri cabang olahraga selam kolam.

Adapun nomor pertandingan selam kolam di antaranya untuk putra meliputi 50 meter bifin, 100 meter bifin, 200 meter bifin, 400 meter bifin, 4x100 meter bifin. Selanjutnya 50 meter surface, 100 meter surface, 200 meter surface dan 50 meter apnea.

Kemudian untuk putri terdapat 50 meter bifin, 100 meter bifin, 200 meter bifin, 4x100 meter bifin, serta 50 meter surface, 100 meter surface, 200 meter surface, 400 surface, 800 surface dan 50 meter apnea.

Baca juga: Polisi gunakan CCTV pendeteksi wajah amankan PON XXI 2024

Baca juga: Jawa Timur dominasi finalis nomor laga muaythai

Baca juga: Tim biliar Bali bertekad balas kekalahan dari Jawa Tengah di final

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024