Medan (ANTARA) - Tim biliar Bali berhasil lolos ke final kelas snooker kejuaraan biliar PON Aceh-Sumut 2023 setelah menyingkirkan tim Sumatera Utara melalui kemenangan telak dengan skor 3-0 pada laga six red double di Pardede Hall, Medan, Senin.

Bali yang diwakili pebiliar I Putu Edi Irawan dan I Kadek Sugiarta akan bertemu wakil Jawa Tengah Ricky Yang dan Yoni Ar yang lebih dahulu mengamankan tempat di final seusai mengalahkan Aceh dengan skor 3-1.

Duo Bali mengungkapkan tekad mereka untuk membalas kekalahan dari Jawa Tengah saat kedua tim bertemu pada laga final pra-PON yang berakhir kekalahan tim dari Pulau Dewata dengan skor 2-3.

"Kami membawa tekad membalas kekalahan. Mudah-mudahan lah, kami (akan bermain) tanpa beban," ujar Irawan dalam wawancara dengan ANTARA setelah pertandingan.

Ia mengatakan, kemenangan atas wakil Sumatera Utara Chandra dan Diko dalam laga semifinal, membawa motivasi tersendiri untuk menghadapi laga pamungkas untuk perebutan medali emas.

Irawan mengatakan faktor kunci dari kemenangan pada laga melawan tuan rumah adalah fokus dan ketenangan sehingga faktor akan tetap dijaga dan ditingkatkan saat laga final.

"Jadi mudah-mudahkan di final kami lebih maksimal lagi," ujarnya.

Rekan Irawan, Sugiarta, menambahkan bahwa keduanya telah mengevaluasi permainan tim Jawa Tengah setelah pertemuan terakhir di final pra-PON.

"Jadi kami memang harus yakin bisa membalas kekalahan karena target kami mendapatkan emas pada PON kali ini," ujarnya.

Partai final kelas snooker antara tim Bali dan Jawa Tengah dijadwalkan akan berlangsung pada Selasa (10/9) pukul 09.00 WIB di Pardede Hall, Medan.

Cabang biliar PON Aceh-Sumut 2024 mulai dimainkan pada Senin (9/9) dengan menyuguhkan beberapa kelas yaitu pool putra, pool putri, carom, english billiard, dan snooker.

Kejuaraan biliar pada pesta olahraga terbesar di tanah air itu diikuti sebanyak 141 atlet yang terdiri dari 127 atlet putra dan 14 atlet putri yang berasal dari 32 provinsi.


Baca juga: Kalahkan Aceh, pebiliar Ricky dan Yoni antar Jawa Tengah ke final
Baca juga: POBSI pantau potensi talenta muda pebiliar di PON untuk dikembangkan

 

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2024