Medan (ANTARA) -
Venue esport pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara yang bakal diselenggarakan di Medan International Convention Centre (MICC) di Kota Medan, terus dikebut jelang pembukaan cabang olahraga tersebut pada Jumat (13/9).
 
"Kalau untuk persiapan alat sudah dikoordinasikan semua, terutama pada smartphone, juga jaringan internet, karena internet yang kita butuhkan kurang lebih di 300 Mbps lalu venue yang diperlukan ini sedang kita push untuk pengerjaannya, lampu panggung LED sedang disusun juga, " kata Tehnical Delegate cabang esport, Stanley Tjia saat ditemui di MICC, Medan, Senin.
 
Stanley juga menyebutkan pihaknya bakal berusaha semaksimal mungkin untuk mensukseskan jalannya PON XXI yang diselenggarakan di dua provinsi ini.
 
"Karena cabang esport ini baru pertama kali menjadi resmi dalam perhitungan medali," ucapnya.
 
Sementara itu Stanley menjelaskan dalam penyelenggaraan PON XXI ini cabang esport bakal memainkan lima nomor yang akan dipertandingkan yakni Mobile Legend Bang Bang (MLBB), Garena Free Fire, PUBG Mobile, LOKAPALA, dan eFootball.
 
"Selain itu juga ada pertandingan eksibisi yaitu gim Battle of Guardians (BoG) ini salah satu gim lokal dan gim Honor of Kings (HoK)," katanya.

Baca juga: PB ESI siapkan desain arena pertandingan esport dalam PON 2024
 
Terkait aturan pertandingan dalam PON ini, Stanley menyebutkan tidak ada perbedaan, semua aturan sama dengan pertandingan yang diadakan turnamen biasa.
 
"Paling yang membuat berbeda adalah sistem pertandingannya, disini memakai sistem double elimination, jadi kalau satu provinsi ini mempunyai kesempatan untuk kalah dua kali, " katanya.
 
Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Wasit dan Pelatih Pengurus Besar Esports Indonesia (PBeSI) ini menyampaikan ada 24 provinsi yang bakal bertanding.
 
"Karena anggaran yang terbatas tidak mungkin semua provinsi mengirimkan semua atletnya ke lima nomor tersebut. Nah makanya kita mengadakan Pra PON babak kualifikasi tahun lalu yaitu di bulan September 2023 ya ini hasilnya adalah 24 provinsi yang maju ke babak PON ke-XXI Aceh Sumut karena ini sesuai dengan kuota PON yang disepakati, " jelas Stanley.
 
Esport sendiri mulai dipertandingkan pada Jumat (13/9) hingga Kamis (19/9) di Medan International Convention Centre (MICC) di Jalan Gagak Hitam No. 1, Sei Sikambing B, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara.

Baca juga: Ekshibisi esport PON Papua ditutup, undang 7,7 juta penonton virtual

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024