Banda Aceh (ANTARA) - Warga kota Banda Aceh antusiastis mengikuti pembukaan PON Aceh-Sumatera Utara 2024 di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh, salah satunya karena ingin melihat Presiden Joko Widodo dan para artis yang memeriahkan acara yang digelar Senin malam itu.

"Aceh sudah lama sekali enggak ada kegiatan sport kayak gini. Apalagi datang lagi juga artis yang dari luar, kayak Tiara Andini, ada Virza juga. Makanya saya antusias sekali. Kapan lagi bisa nonton pembukaan oleh presiden langsung kan," kata Talal, mahasiswa Universitas Syiah Kuala, kepada ANTARA di Banda Aceh pada Senin.

Talal, yang merupakan mahasiswa semeter tujuh, mengaku ingin melihat langsung dari dekat Presiden Joko Widodo dan artis-artis terkenal yang memeriahkan pembukaan PON di Stadion Harapan Bangsa pada Senin.

"Kita berharap acara ini bisa meningkatkan antusiasme masyarakat Aceh untuk bisa sama-sama kita jaga dan manfaatkan infrastruktur yang udah dibangun ini," kata Renaldi, juga mahasiswa semester 7 pada Universitas Syiah Kuala.

Berbicara saat antre memasuki venue acara, Renaldi mengakui antusiastis menyaksikan langsung acara pembukaan yang dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi.

Baca juga: Pemkab Aceh Timur gelar tonton bareng pembukaan PON XXI di 24 titik

"Sangat antusias, karena ini kan acaranya empat tahun sekali ya, PON, skalanya skala nasional dan dibuka langsung oleh presiden," lanjut Renaldi.

PON 2024 menandai kali pertama pentas olahraga multi cabang nasional tersebut dilangsungkan di dua provinsi secara bersamaan, yakni Aceh dan Sumatera Utara.

Sebanyak 13.000 atlet akan bertanding dalam 1.042 nomor pertandingan dalam 65 cabang olahraga dan 87 disiplin, di 20 kabupaten/kota di Aceh dan Sumatera Utara, sampai 20 September nanti.

Empat daerah otonomi baru (DOB), yakni Papua Barat Daya, Papua Pegunungan, Papua Tengah, dan Papua Selatan, melakukan debut PON, bersama kontingen Ibu Kota Nusantara (IKN).

Baca juga: Jelang pembukaan PON XXI Stadion Harapan Bangsa dipadati pengunjung

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024