Banjarmasin (ANTARA) - Perusahaan tambang batu bara PT Adaro Energy Indonesia melalui Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) mengucurkan dana Rp11,26 miliar untuk beasiswa “Indonesia Bright Future Leaders” (IBFL) Batch 5 bagi 100 mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat pada 2024.   

"Beasiswa IBFL angkatan kelima ini menjamin biaya kuliah dan hidup mahasiswa selama empat tahun ke depan alias sampai lulus sarjana," kata Budi Bowoleksono selaku Komisaris PT Adaro Energy Indonesia sekaligus Dewan Pengawas Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN).

Budi menyampaikan itu saat pembekalan dan penyambutan mahasiswa penerima beasiswa di General Building Student Activity Center ULM Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin.

Pria yang akrab disapa Sonny tersebut memotivasi mahasiswa baru yang mendapatkan beasiswa dari Adaro agar tekun belajar sehingga dapat mencapai prestasi tinggi selama kuliah.

"Beasiswa yang diterima harus disyukuri dengan cara belajar sungguh-sungguh karena tidak semua orang beruntung bisa kuliah dan mendapatkan beasiswa," ucapnya.  
Manajemen Adaro bersama pimpinan ULM saat peluncuran beasiswa IBFL Batch 5 untuk 100 mahasiswa ULM. (ANTARA/Firman)


Sementara Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni ULM Muhamad Rusmin Nuryadin mengapresiasi komitmen Adaro yang selalu memberikan beasiswa bagi mahasiswa ULM dengan nominal terbesar secara rutin setiap tahun.

"Beasiswa Adaro paket lengkap, karena selain biaya kuliah dan uang hidup, mahasiswa juga mendapatkan pembinaan kepribadian dan keterampilan selama di asrama," ungkap Rusmin.

Tak hanya berhenti setelah mahasiswa lulus, bahkan alumni dari IBFL masih mendapatkan pendampingan untuk berkarier sesuai minat agar bisa meraih masa depan cemerlang sebagai seorang sarjana.

Baca juga: Ratusan mahasiswa ULM terima beasiswa IBFL dari Adaro Nyalakan Ilmu
Baca juga: Adaro catat kenaikan volume penjualan tujuh persen semester I 2024


Rusmin mewakili Rektor ULM Prof. Ahmad Alim Bachri berharap sektor swasta terutama perusahaan pertambangan di Kalimantan Selatan dapat mencontoh Adaro yang begitu peduli dalam mencetak sumber daya manusia berpendidikan tinggi.

"Sampai saat ini hanya empat perusahaan tambang yang sudah memberikan beasiswa, padahal masih banyak perusahaan lainnya karena mahasiswa yang membutuhkan bantuan juga banyak," ucapnya.

Acara pembekalan dan penyambutan mahasiswa penerima beasiswa IBFL Batch 5 juga diisi beragam penampilan mahasiswa dan sharing motivasi dari manajemen Adaro.

Direktur Adaro Foundation Okty Damayanti menyampaikan harapan agar mahasiswa penerima beasiswa IBFL menjadi pemimpin masa depan Indonesia.

"Selain pintar secara akademis, kunci sukses harus memiliki integritas," tutur Okty memotivasi mahasiswa.

Diketahui, beasiswa IBFL menyasar mahasiswa yang berasal dari wilayah operasional Adaro di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

Program IBFL di ULM sudah berjalan sejak 2018 dengan menjamin biaya kuliah selama empat tahun dan memberikan uang saku perbulan untuk biaya hidup serta pembinaan mental kepribadian menjadi mahasiswa tangguh dan berkarakter.
ULM melaksanakan pembekalan dan penyambutan mahasiswa penerima beasiswa IBFL Batch 5. (ANTARA/Firman)

Pewarta: Firman
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024