Jadi ada sembilan travel, yakni DAMRI, Bhineka, MS Trans, Budiman, Citytrans, Arnes, Urban, Purwatrans, dan Sobattrans.
Bandung (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat (Jabar) memberikan sekitar 3.000 tiket gratis sembilan travel dari dan menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka, dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional 7 September 2024.

Kepala Dishub Jabar A Koswara mengatakan tiket shuttle travel gratis yang diberikan sebanyak 3.014 lembar untuk semua penerbangan dari tanggal 17-28 September, serta untuk penerbangan ke Singapura dari 28 September-28 Oktober 2024.

"Di momentum Hari Perhubungan Nasional ini Dishub Jabar akan memberikan tiket gratis antarmoda buat penumpang dari dan ke BIJB Kertajati sebanyak 3.014 lembar untuk semua penerbangan," kata Koswara, di Bandung, Senin.

Koswara menjelaskan cara mengklaim tiket gratis tersebut relatif mudah, yakni warga cukup menunjukkan boarding pass atau tiket pemesanan dari dan ke BIJB Kertajati, maka petugas shuttle akan melayani.

Ia menyampaikan pula, dari 3.014 lembar tiket shuttle gratis itu, sebagian di antaranya, yakni 1.360 lembar untuk penerbangan Scoot.

Dikonfirmasi di sambungan telepon, Kabid Pengembangan Transportasi Dishub Jabar Dhani Gumelar menerangkan bahwa ada sembilan perusahaan travel yang dilibatkan dalam program ini dengan tujuan ke beberapa kota.

"Jadi ada sembilan travel, yakni DAMRI, Bhineka, MS Trans, Budiman, Citytrans, Arnes, Urban, Purwatrans, dan Sobattrans," kata Dhani.

Berdasarkan data yang diberikannya, sembilan kota yang menjadi tujuan dan pemberangkatan travel gratis ke BIJB Kertajati tersebut, terdiri dari Bandung (Bhineka, DAMRI, Citytrans, MS Trans), Cimahi (Sobattrans), Cirebon (Bhineka, Sobattrans), Subang dan Purwakarta (Purwatrans), Ciamis dan Tasik (Budiman), Jatinangor dan Sumedang (Arnes).

"Untuk pemesanan melalui PO masing-masing. Pemesanan langsung 'go show' di BIJB Kertajati. Syaratnya memperlihatkan bukti tiket/boarding pass terbang dari atau ke BIJB Kertajati," ujar Dhani.

Terkait Maskapai Scoot, dikabarkan mereka membuka layanan penerbangan dari BIJB Kertajati menuju Singapura mulai 28 September 2024.

Untuk penerbangan perdana tersebut, maskapai ini juga menyediakan tiket promo seharga Rp450.000, yang sudah dapat dipesan sejak 6 Agustus 2024.

Penerbangan Majalengka-Singapura ini menjadi rute internasional kedua di BIJB Kertajati. Sebelumnya maskapai AirAsia telah membuka layanan penerbangan internasional rute Majalengka-Kuala Lumpur.
Baca juga: Pemerintah siapkan travel hingga Damri gratis ke Bandara Kertajati
Baca juga: Jabar jajaki kerja sama dengan travel implementasikan BIJB pusat umrah

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024