Medan (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara (Sumut) melakukan rekayasa arus lalu lintas di Stadion Bahruddin Siregar, Kabupaten Deli Serdang, dalam pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut.

"Rekayasa arus lalu lintas dilakukan di seputar stadion, untuk memudahkan tamu maupun pengunjung yang hadir agar terhindar dari kemacetan pada acara pembukaan PON pada malam ini," ujar Kepala Bidang Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi di Medan, Senin.

Hadi melanjutkan kendaraan yang tidak memiliki stiker PON 2024 yang datang dari arah Tanjung Morawa menuju Kecamatan Galang atau Kabupaten Serdang Bedagai dialihkan melalui Tol Puluh Kemiri

Atau dari Simpang Tangsi menuju Jalan Sudirman Sudirman-Jalan Diponegoro-Jalan KH Ahmad Dahlan-Jalan Imam Bonjol-Simpang Cemara ke arah Seredang Bedagai maupun Galang.

Kemudian, kendaraan dari Serdang Bedagai menuju Tanjung Morawa dialihkan melalui Tol Lubuk Pakam dan Jalan Imam Bonjol-Jalan Sutomo, Jalan Diponegoro-Jalan Sudirman-Simpang Tangsi menuju Tanjung Morawa.

Sedangkan, kendaraan yang bisa masuk ke arah Stadion Baharuddin tersebut yang telah memiliki atau telah dipasang stiker PON 2024, serta masyarakat sekitar dengan menunjukkan KTP.

"Diprediksi lebih kurang sebanyak 6.000 orang akan menghadiri pembukaan PON 2024 di Stadion Baharuddin Siregar," kata dia.

Oleh karena itu, Polda Sumut melibatkan sebanyak 900 personel gabungan dari TNI dan Satpol PP dan pemangku kepentingan lainnya dalam pembukaan ajang nasional ini.

"Dengan hadirnya personel di lapangan, dapat memberikan rasa aman kepada masyarakat, ofisial, atlet, pada acara pembukaan PON 2024 di Kabupaten Deli Serdang," tutur Hadi.

Di sisi lain, Polda Sumut juga menyiapkan personel dari Polresta Deli Serdang yang bekerja sama Dinas Kesehatan setempat dalam tindakan medis dengan fasilitas ambulans, tandu, oksigen dan kelengkapan kesehatan lainnya.
Baca juga: Polda Aceh tingkatkan pengamanan lokasi seremoni pembukaan PON XXI
Baca juga: Jelang pembukaan PON XXI Stadion Harapan Bangsa dipadati pengunjung
Baca juga: Polda Sumut libatkan 900 personel amankan pembukaan PON XXIBaca juga: PB PON siapkan videotron di luar Stadion Baharudin Siregar

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024