Solo (ANTARA) - Bengawan Unmanned Vehicle (UV) Team Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta optimistis meraih prestasi maksimal pada Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2024 yang akan diselenggarakan di Lapangan Udara Gading, Yogyakarta pada 12-19 Oktober 2024.

General Manager Bengawan UV Team UNS Daffa Putra Islami di Solo, Jawa Tengah, Senin, mengatakan rangkaian kompetisi terdiri dari dua tahap.

"Untuk tahapan pertama adalah seleksi wilayah dan tahap kedua adalah final. Acara peluncuran pada hari ini sekaligus menjadi apresiasi semua pihak yang telah mendukung jalannya riset dan perlombaan," katanya di sela perkenalan tim yang akan berlaga pada KRTI 2024.

Baca juga: Mahasiswa UNS raih penghargaan pada kompetisi robot internasional

Ia berharap hasil pada seleksi wilayah bisa menjadi pemacu semangat untuk tim UNS dalam mendapatkan hasil yang maksimal pada KRTI 2024.

Menurut dia, KRTI merupakan kompetisi tingkat nasional yang diikuti oleh berbagai tim perguruan tinggi dari seluruh wilayah di Indonesia. Oleh karena itu, keikutsertaan mahasiswa UNS dalam KRTI 2024 akan menjadi bukti implementasi Indikator Kinerja Utama (IKU) 2.

"Keberhasilan memperoleh juara pada KRTI 2024 menjadi nilai tambah bagi mahasiswa UNS dalam mendapat pengalaman di luar kampus," katanya.

Baca juga: Mahasiswa UNS luncurkan mobil formula untuk kompetisi internasional 

Pada pengenalan tim tersebut, pihaknya juga meluncurkan wahana tanpa awak yang akan dipertandingkan.

Rektor UNS Prof Hartono mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh para mahasiswa hingga tahap ini.

Ia menilai Bengawan UV Team telah konsisten menorehkan prestasi di tingkat nasional dan internasional. Oleh karena itu, pihaknya berkomitmen untuk memberikan fasilitas yang memadai untuk mendukung kegiatan mahasiswa UNS ini.

Baca juga: Tim Bengawan UNS luncurkan dua prototipe mobil balap

"Kami dukung sepenuhnya agar dalam mengikuti KRTI 2024 dapat memberikan hasil yang maksimal," katanya.

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024