Survei ini bertujuan untuk menemukan potensi kandungan migas baru yang belum tereksplorasi
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) akan melaksanakan survei seismik 3 dimensi (3D) di sekitar Lapangan South Aman, Mindal dan Asih, Kabupaten Siak, Riau untuk memburu cadangan minyak baru.

Rencana survei seismik 3D Lisaman dilakukan dengan estimasi luasan 358 kilometer persegi (km2) mulai Oktober 2024 hingga Oktober 2025.

Corporate Secretary PHR Rudi Ariffianto lewat keterangan yang diterima di Jakarta, Senin, mengatakan PHR terus berupaya meningkatkan produksi minyak di Wilayah Kerja (WK) Rokan.

Bersama PT Elnusa Tbk serta didukung Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), PHR terus aktif mencari cadangan-cadangan minyak baru di Blok Rokan demi menjaga ketahanan energi nasional.

"Survei ini bertujuan untuk menemukan potensi kandungan migas baru yang belum tereksplorasi. Dengan pemetaan struktur bawah permukaan menggunakan data seismik 3D Lisaman ini, diharapkan kami dapat menentukan lokasi yang paling tepat untuk melakukan pengeboran eksplorasi," kata Rudi.

Baca juga: PHR dan BRGM berikan pelatihan pencegahan karhutla di Rokan Hilir

Baca juga: PHR raih penghargaan "best innovation" di SCM Summit 2024


Survei seismik merupakan teknik eksplorasi geofisika yang menggunakan gelombang suara untuk memetakan struktur bawah permukaan bumi.

Dengan data yang diperoleh dari survei seismik, PHR akan dapat mengidentifikasi potensi cadangan minyak dan gas baru serta mengoptimalkan produksi di lapangan-lapangan yang sudah ada.

Adapun, target dari usulan Seismik 3D Lisaman ialah perangkap di Formasi Petani, Sihapas dan Pematang.

PHR juga senantiasa memperhatikan aspek keselamatan dan lingkungan dalam operasinya. Sebelum pelaksanaan survei seismik, PHR telah mensosialisasikan kepada masyarakat sekitar dan melibatkan para pemangku kepentingan lainnya, terutama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak.

Sementara, Pemkab Siak mendukung penuh kegiatan survei seismik yang akan dilaksanakan PHR. Pemkab Siak menyadari kegiatan seismik perlu dilakukan untuk mendukung operasi PHR dalam menjaga ketahanan energi nasional.

"Pemerintah daerah dan forkopimda harus tahu, maka dari itu, sosialisasi ini sangat penting. Karena survei ini lokasinya di (Kecamatan) Kandis, kami minta Pak Camat menyampaikan kepada penghulunya dan masyarakat bahwa PHR akan melakukan kegiatan survei seismik," kata kata Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesra Setda Kabupaten Siak Fauzi Asni.

"Jangan sampai ada hambatan di lapangan, kita mudahkan kerja PHR, ketika petugas datang camat dan penghulu hendaknya mendampingi," lanjutnya.

Sedangkan, Kepala Departemen Formalitas dan Komunikasi SKK Migas Sumbagut Yanin Kholison mengapresiasi dukungan Pemkab Siak bagi PHR dan SKK Migas dalam optimalisasi peningkatan produksi migas. Survei seismik merupakan bagian dari pemenuhan Komitmen Kerja Pasti Eksplorasi PHR WK Rokan kepada pemerintah melalui SKK Migas.

"Survei seismik dapat meningkatkan produksi minyak dan memperpanjang umur produksi suatu lapangan. Dengan mengetahui lokasi cadangan minyak yang tepat, membantu pekerja melakukan pengeboran secara lebih efektif dan efisien," ujar Yanin.

Baca juga: PHR Rokan dinilai dorong pertumbuhan ekonomi Riau

Baca juga: Pertamina Hulu Rokan temukan sumber migas baru di Blok Rokan 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024