merupakan wujud kepedulian Bank Mega terhadap perkembangan industri transportasi dalam negeri khususnya perkeretaapian nasional
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Mega Tbk bersama PT Sarana Multi Infrastruktur/SMI (Persero) memberikan fasilitas kredit sindikasi kepada PT Industri Kereta Api Persero (INKA).

Total fasilitas kredit sindikasi yang ditandatangani masing-masing pihak berupa pembiayaan kredit sebesar Rp2,1 triliun, dimana porsi pembiayaan Bank Mega sebesar Rp1,3 triliun dan PT SMI sebesar Rp850 miliar dengan jangka waktu pembiayaan kredit selama 24 bulan. Fasilitas tersebut akan dipergunakan oleh INKA untuk pengadaan 16 Trainset Kereta Rel Listrik (KRL).

“Pemberian fasilitas kredit tersebut merupakan wujud kepedulian Bank Mega terhadap perkembangan industri transportasi dalam negeri khususnya sektor perkeretaapian nasional,” kata Direktur Kredit Bank Mega Madi Darmadi Lazuardi dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin.

Pihaknya bangga karena terlibat secara aktif membangun moda transportasi publik yang handal dan nyaman, sehingga mempermudah mobilisasi masyarakat untuk bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya, yang tentu berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi

Lebih lanjut, kerja sama ini disebut sejalan dengan strategi Bank Mega untuk fokus menyalurkan pembiayaan pada bidang atau perusahaan dengan reputasi yang baik dan memberikan manfaat besar kepada masyarakat.

Baca juga: Direksi Bank Mega Syariah di Hari Pelanggan layani langsung nasabah

Baca juga: Bank Mega dan Antavaya gelar travel fair bidik pemegang kartu kredit


Kepala Divisi Pembiayaan Berkelanjutan PT SMI Benedictus Pudji Hartono mengatakan bahwa pembiayaan sindikasi ini menegaskan komitmen PT SMI untuk mendorong penyediaan transportasi berkelanjutan di Indonesia.

“Kami senang hari ini bersama Bank Mega bisa ikut mendukung tersedianya moda transportasi yang ramah lingkungan. Dukungan kepada PT INKA ini tidak hanya bisa mengurangi polusi, tapi juga bisa mengurai kemacetan yang ada. PT SMI selalu terbuka untuk menyokong proyek-proyek yang dapat mengurangi emisi karbon, sekaligus memberikan manfaat besar bagi masyarakat," ujar Benedictus.

Dia juga menggarisbawahi urgensi mendukung PT INKA sebagai satu-satunya produsen rolling stock di Indonesia.

“Dengan demikian, PT SMI turut membantu meningkatkan kemampuan produksi dalam negeri, yang pada akhirnya akan mengurangi impor,” ucapnya.

Baca juga: Bank Mega dan Visa luncurkan fitur pembayaran Tap to Pay di ponsel

Baca juga: Bank Mega Syariah bidik pembiayaan rumah tumbuh 15-20 persen pada 2024


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024