Jakarta (ANTARA) - Saat ini masyarakat mendefinisikan sehat dengan caranya masing-masing, bukan sebuah pola yang diaplikasikan untuk semua.

Chief Marketing Officer AIA Kathryn Parapak dalam peluncuran kampanye "Rethink Healthy" untuk menginspirasi masyarakat Indonesia agar memprioritaskan gaya hidup sehat di Jakarta pada Senin mengatakan bahwa kampanye menekankan pentingnya kegiatan sehari-hari yang menyenangkan, seperti bernyanyi, relaksasi, berjalan kaki, dan tertawa, untuk mencapai kesehatan yang lebih baik.

Dalam kesempatan yang sama, dr Sophia Hage, Sports Physician Indonesian National Rock Climbing menyebutkan bahwa saat ini masyarakat memandang sebuah kesehatan bukan hanya soal fisik tapi mental, finansial dan sosial.

Baca juga: Dion Wiyoko kenalkan olahraga pada anak sejak dini 

"Sekarang sehat itu bukan cuma enggak sakit tapi merasa bahagia, merasa cukup, kemudian juga cukup bugar untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari tanpa gangguan," katanya.

Secara singkat, definisi sehat menurut dr Sophia telah berevolusi sehingga masyarakat memikirkan ulang definisi sehat itu apa.

"Dulu orang mikir age span sekarang health span, seberapa sehat, bugar dan bahagia mental kita".

Senada dengan itu, penyanyi Kunto Aji hingga Dion Wiyoko mengaku kini tidak hanya fokus menjaga kesehatan fisik namun juga jiwa dan sosialnya.

Baca juga: Kunto Aji bakal hadirkan Ruang Tumbuh Bersama dalam tur konser
 
Kunto Aji dalam acara "RETHINK HEALTHY PRESS CONFERENCE" di ON3 Senayan, Jakarta Selatan, Senin (9/9/2024). (ANTARA/Farika Khotimah)


Bagi Kunto Aji, misalnya, dia menuangkan kondisi mentalnya dalam karya album "Mantra Mantra" yang rilis pada 2019.

"Awalnya saya menulis 'Mantra Mantra' tentu saja karena saya banyak masalah, sumbernya adalah ketika saya menemui jalan buntu dan akhirnya memutuskan minta bantuan ke tenaga profesional. Di Indonesia jujur, masalah kesehatan mental masih tabu, nanti dibilang gimana, cowok kok nangis, hal-hal seperti itu yang cukup jadi barrier untuk harus saya lompati dan ketika sudah saya lompati justru saya melihat sesuatu yang indah dalam hidup ini," katanya.

Baca juga: Kunto Aji hadirkan konser sapa fajar pertama 2024 di Yogyakarta

Bagi Kunto Aji, musik menjadi alat baginya untuk mendapatkan ketenangan jiwa.

"Musik bisa mengubah mood seseorang, bahkan di jaman dulu genderang perang bisa menaikkan adrenaline, artinya fungsi musik kan sampai segitunya. Kebetulan menulis album 'Mantra-Mantra' saat sedang proses rawat jalan dengan psikolog," katanya.

Selain terus berkarya melalui musik, Kunto Aji juga senantiasa berusaha mendapatkan kualitas tidur yang baik demi mendapatkan definisi kesehatan yang prima.
 
Dion Wiyoko dalam acara "RETHINK HEALTHY PRESS CONFERENCE" di ON3 Senayan, Jakarta Selatan, Senin (9/9/2024). (ANTARA/Farika Khotimah)


Baca juga: Duta ISF Dion Wiyoko promosikan keberlanjutan dengan gaya hidup hijau

Sementara aktor Dion Wiyoko mendefinisikan sehat sebagai sebuah keadaan selaras yang menciptakan ketenangan jiwa.

"Yang penting balanced, misal hari ini saya makan penuh lemak, maka besok saya makan yang lebih sehat," kata bintang film "Cek Toko Sebelah" tersebut.

Selain itu, menjaga kualitas tidur menjadi kunci Dion menjaga definisi sehat.

Baca juga: Dion Wiyoko ajak orang tua ikut aksi sanitasi lingkungan di sekolah

"Fun fact, celana saya ukuran dari kuliah sampai sekarang tidak berubah," katanya.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024