Saya berharap dengan peluncuran program ini, kita semua dapat memahami pentingnya pengelolaan data dan statistik dalam pembangunan desa
Kaimana (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten dan Badan Pusat Statistik (BPS) Kaimana Papua Barat mencanangkan Kelurahan Krooy di Distrik Kaimana sebagai Kelurahan Cinta Statistik (Cantik).

Pencanangan itu ditandai dengan penandatanganan piagam pencanangan oleh Asisten I Setda Kaimana Yacob Ahimsa Ire Warere dan Kepala BPS Kaimana Masadi Yanri Koupun di Kaimana, Senin.

"Saya berharap dengan peluncuran program ini, kita semua dapat memahami pentingnya pengelolaan data dan statistik dalam pembangunan desa. Mari saling mendukung agar program ini dapat sukses dan memberikan manfaat yang besar bagi daerah," kata Warere.

Ia menjelaskan, setelah Kelurahan Krooy ditetapkan sebagai kelurahan cinta statistik, maka diharapkan dapat menghasilkan data statistik sektoral tingkat kelurahan yang sesuai prinsip Satu Data Indonesia.

Data statistik tersebut dapat digunakan sebagai dasar dalam perencanaan dan evaluasi pembangunan di Kabupaten Kaimana khususnya dari level kelurahan, level distrik hingga level kabupaten pada setiap OPD.

Seluruh pimpinan OPD terkait diminta untuk selalu membangun koordinasi dengan BPS Kaimana, sehingga pelaksanaan statistik sektoral Kelurahan Cantik dapat berjalan baik.

"Untuk itu kami mengapresiasi dukungan BPS Kaimana. Kami juga siap mendukung pelaksanaan kegiatan statistik sektoral dan program Desa Cantik di Kabupaten Kaimana yang dimulai dari Kelurahan Krooy," katanya.

Kepala BPS Kaimana Masadi Yanri Koupun mengatakan, sejak tahun 2019, Presiden Indonesia telah resmi mengeluarkan Perpres Nomor: 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Dengan adanya Perpres tersebut, maka pemerintah daerah dari level pemerintah provinsi hingga desa/kelurahan mempunyai peran penting sebagai produsen data.

Dalam mendukung program Satu Data Indonesia dimaksud, BPS Kabupaten Kaimana selalu berperan aktif melakukan proses tata kelola data di lingkup Pemkab Kaimana.

"Ketersediaan satu data yang valid, akurat serta akuntabel tentunya sangat berarti serta bernilai penting bagi kita, guna mendukung penguatan kualitas perencanaan, perumusan, dan pengambilan keputusan serta kebijakan," ujarnya.

Pewarta: Ali Nur Ichsan
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024