Pontianak (ANTARA) - Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Internasional Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) yang melibatkan perguruan tinggi di Kalimantan Barat dan Malaysia meningkatkan kapasitas digital SDM di kawasan perbatasan Indonesia-Malaysia, dengan sasaran Desa Wisata Temajuk.

“Kegiatan PKM ini dalam rangka mendukung peningkatan pariwisata di Desa Wisata Temajuk. Kegiatan PKM internasional ini atas kerja sama kami Poltesa dengan Telkom University, I-Cats University College Sarawak, dan Universitas Panca Bhakti Pontianak,” ujar Ketua PKM Internasional Poltesa Narti Prihartini saat dihubungi di Sambas, Senin.

Ia menjelaskan Desa Wisata Temajuk salah satu desa di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas yang memiliki potensi kepariwisataan berskala internasional, karena terletak di perbatasan antarnegara, memiliki keindahan alam pantai dan pegunungan. Letak tersebut menjadikan Temajuk salah satu tujuan wisata terfavorit, baik wisatawan dalam negeri maupun mancanegara, di Kabupaten Sambas.

Dengan potensi yang ada, katanya, perlu pendampingan platform digital untuk peningkatan kapasitas SDM pariwisata di Desa Wisata Temajuk yang di antaranya memberikan pelatihan kepada perwakilan pihak Desa dan Karang Taruna di Desa Temajuk.

Baca juga: Poltesa Sambas-Politeknik Mukah Malaysia jalin kerja sama pendidikan

Ia mengatakan kegiatan pelatihan berkaitan dengan pemanfaatan aplikasi Capcut untuk mobile video editing maupun AI Canva untuk pembuatan flyer maupun konten promosi wisata.

“Melalui kegiatan ini kami berharap bahwa masyarakat di Desa Wisata Temajuk dapat memanfaatkan platform digital seperti Capcut dan Canva dalam mengisi konten digitalisasi website desa wisata maupun promosi melalui media sosial. Semoga dengan diadakannya kegiatan ini akan memberikan dampak positif dalam mendukung peningkatan pariwisata di Desa Temajuk,” ucap Narti Prihartini dari Jurusan Manajemen Informatika Poltesa itu.

Kepala Desa Temajuk Agil Firmansyah mengungkapkan kegiatan yang telah dilakukan dalam PKM internasional dengan kolaborasi empat perguruan tinggi antarbangsa ini memberikan banyak manfaat bagi masyarakat setempat, terutama dalam penyiapan konten promosi wisata dengan memanfaatkan platform digital.

“Kami seluruh warga Desa Temajuk sangat mendukung dan berterima kasih kepada penyelenggara kegiatan PKM internasional di Desa Wisata Temajuk karena banyak memberikan edukasi dan membantu pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan promosi di Desa Wisata Temajuk,” kata dia.

Baca juga: Poltesa Sambas sabet pengelola KIP-K terbaik Kemendikbudristek
Baca juga: Politeknik Negeri Sambas raih akreditasi institusi baik sekali BAN-PT
Baca juga: Mahasiswa Poltesa sulap sampah plastik jadi minyak

Pewarta: Dedi
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024