Jakarta (ANTARA) - Sirajudin Bauw resmi menjadi bakal calon wakil kepala daerah di Pilkada serentak 2024. Sirajudin maju sebagai cawagub mendampingi Mantan Bupati Maybrat, Bernard Sagrim yang mencalonkan diri sebagai gubernur Papua Barat Daya.

Sirajudin Bauw lahir di Geser, Maluku Tengah pada 5 Oktober 1970. Saat ini, ia menjabat sebagai Kepala Bidang Pendidikan Islam di Kanwil Kementerian Agama Provinsi Papua Barat.

Dari sisi pendidikan, Sirajudin Bauw, S.Ag, M.MPd merupakan lulusan S2, Manajemen Pendidikan, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Indonesia Malang tahun 2012.

Kini, Sirajudin terjun ke dunia politik dengan mencalonkan diri sebagai wakil gubernur mendampingi Bernard Sagrim. Pasangan ini, yang dikenal dengan singkatan BS-SB, telah berhasil memenuhi persyaratan minimal dukungan dari partai politik serta perolehan suara dari partai pengusung mereka.

Pasangan calon gubernur Bernard Sagrim dan Sirajuddin Bauw diusung oleh Partai Golkar yang berhasil meraih 8 kursi di DPR Papua Barat Daya dari hasil pemilu legislatif yang digelar pada 14 Februari 2024.

Dengan total suara sah sebanyak 63.599, pasangan ini melampaui ambang batas 10 persen sesuai ketentuan dalam Peraturan KPU, yang memungkinkan mereka untuk maju di Pilkada Papua Barat Daya.

Selain dukungan dari Partai Golkar, pasangan ini juga mendapat tambahan dukungan dari tiga partai nonparlemen, yaitu Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Garuda, dan Partai Keadilan dan Persatuan (PKN), yang semakin memperkuat langkah mereka menuju Pilkada Papua Barat Daya 2024.

Baca juga: Profil Joppye Wayangkau, calon gubernur Papua Barat Daya 2024

Baca juga: Profil Yeremias Bisai, cawagub Papua dalam Pilkada 2024

Baca juga: Profil Benhur Tomi Mano, Calon Gubernur Papua pada Pilkada 2024

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024