Sukoharjo (ANTARA) - Sebanyak 44 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah dilantik hari ini, Senin (9/9/2024).

Dari yang dilantik tersebut, 20 nama di antaranya merupakan wajah baru, salah satunya Machmud Lutfi Huzain dari Partai Golkar. Pria berusia 34 tahun tersebut sebelumnya merupakan seorang pengusaha.

Ia mengatakan kontestasi legislatif di Kabupaten Sukoharjo ini merupakan pengalaman pertamanya dalam berpolitik. Pada perolehan suara, ia berhasil mengumpulkan sekitar 8.000 suara.

"Sebenarnya saya masih sangat awam dengan dunia politik dan sempat kaget dengan situasi politik saat ini, namun saya terus belajar dan beradaptasi untuk memenuhi harapan masyarakat terutama di dapil I," katanya.

Sementara itu, berdasarkan laman ELHKPN.KPK.go.id, Machmud menjadi caleg terkaya dengan jumlah harta Rp32,8 miliar dan tercatat tidak memiliki utang.

"Saya sudah melaporkan harta kekayaan tahun 2024 ke KPK sebagai bentuk tanggung jawab sebagai pejabat publik yang nantinya akan menerima fasilitas dari negara," katanya.

Ia juga berjanji akan menyalurkan seluruh gaji dan tunjangan yang diterimanya kepada anak yatim piatu.

Sementara itu, masih berdasarkan data yang sama, anggota legislatif dari Partai Kebangkitan Bangsa bangsa Dapil 2 Parmujo menempati posisi kedua terkaya, yakni dengan kepemilikan harta sebesar Rp8,5 miliar.

Selanjutnya, ada Sutoyo dari PDI Perjuangan dengan pemilikan harga sebesar Rp5,7 miliar.

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024