Jakarta (ANTARA) - Berlari tergolong praktis dan bisa dilakukan di berbagai tempat sehingga tidak mengherankan jika olahraga itu disukai banyak orang dan sering direkomendasikan praktisi kesehatan.

Lari, yang termasuk olahraga kardio atau aerobik, memberikan banyak manfaat baik bagi kesehatan fisik maupun mental. Aktivitas itu tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran jantung dan membakar kalori, tapi, juga membantu mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, dan memperkuat hubungan sosial.

Olahraga lari biasanya dilakukan di pagi dan sore hari, intensitas dan kecepatan berlari bisa menyesuaikan dengan kemampuan setiap orang. Olahraga itu bisa dilakukan di taman, lapangan, stadion atau bahkan di dalam ruangan menggunakan treadmill.

Jika Anda ingin menjalani gaya hidup yang lebih sehat, pertimbangkan untuk rutin berlari karena olahraga ini menawarkan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh, antara lain sebagai berikut.

1. Menjaga kesehatan dan kebugaran jantung

Olahraga lari secara rutin dapat memperbaiki sirkulasi darah dan menurunkan risiko penyakit jantung. Sirkulasi darah yang baik mendukung kesehatan sistem kardiovaskular dengan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) sehingga akan menurunkan risiko penyakit jantung

2. Mengontrol berat badan 

Olahraga lari jika dilakukan secara konsisten dapat membantu memakar kalori dan mengatur metabolisme tubuh, yang berpengaruh terhadap berat badan yang sehat dan ideal.

3. Memperkuat otot dan tulang

Berlari terbukti mampu meningkatkan kekuatan otot dan tulang, terutama pada kaki. Tulang mendapat tekanan ketika berlari sehingga bisa merangsang pertumbuhan sel tulang baru.

Pertumbuhan sel tulang bisa menurunkan risiko tulang keropos atau osteoporosis saat seseorang berusia lanjut. 

4. Meningkatkan kesehatan mental

Melakukan olahraga lari bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mental, diantaranya dapat mengurangi stres, kecemasan, dan depresi, serta meningkatkan suasana hati.

Ketika berolahraga, termasuk lari, tubuh akan menghasilkan hormon endorfin, yang berperan mengatasi stres dan menciptakan suasana batin yang senang. 

5. Meningkatkan kualitas tidur

Olahraga secara teratur akan berpengaruh terhadap kualitas tidur seseorang. Rutin berolahraga membuat tubuh cepat terlelap dan membantu tidur lebih nyenyak.

6. Meningkatkan stamina

Rutin berlari akan membuat tubuh lebih bertamina dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Sebab, rutin berlari dapat memperkuat kerja jantung, sistem pernapasan, otot, dan tulang sehingga tubuh lebih berenergi.

7. Memperkuat daya tahan tubuh

Berlari secara rutin dengan intensitas sedang dapat memperkuat sistem kekebalan daya tahan tubuh dalam melawan infeksi dan mencegah berbagai penyakit.

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024