Changsha (ANTARA) - Pengiriman daging domba dari Madagaskar telah melewati proses pemeriksaan di Bea Cukai Changsha, Provinsi Hunan, China tengah, pada Minggu (8/9), yang menandai impor daging domba pertama China dari Afrika, sekaligus menjadi sebuah terobosan penting dalam perdagangan daging China-Afrika.

Petugas bea cukai melakukan pemeriksaan langsung di tempat (on-site) terhadap impor daging domba beku berbobot total 1.000 kg tersebut.

Daging domba ini dikirim melalui udara dari Madagaskar ke Bandar Udara Internasional Baiyun Guangzhou di Guangzhou, ibu kota Provinsi Guangdong, China selatan, dan kemudian diangkut melalui jalur darat ke Changsha, dengan total waktu pengiriman sekitar 36 jam.

Nantinya, daging domba Madagaskar tersebut akan dijual di berbagai restoran dan supermarket di seluruh Hunan, provinsi terdepan dalam hubungan ekonomi dan perdagangan antara China dengan Afrika, sekaligus pelopor dalam kerja sama China-Afrika.

Menurut departemen bea cukai setempat, daging tersebut diproduksi oleh perusahaan peternakan yang berbasis di Madagaskar, yang didirikan dengan investasi dari Yuan's High-tech Seed Co., Ltd. di Hunan. Perusahaan ini juga merupakan pengekspor utama benih padi hibrida China ke Afrika.

Yuan Ding'an, chairman perusahaan tersebut, mengatakan kepada Xinhua bahwa daging domba Madagaskar memiliki keunggulan kualitas dan harga di pasar China. Perusahaan ini menargetkan untuk mengekspor 20.000 ton daging domba setiap tahun dari Madagaskar ke China dalam kurun waktu tiga hingga lima tahun.

Perusahaan peternakan di Madagaskar tersebut telah membangun rantai industri peternakan domba dan pengolahan daging domba, dan secara aktif mempromosikan pengembangan varietas tanaman pakan ternak tropis baru, kata Yuan.

China menandatangani perjanjian untuk perdagangan daging domba dengan Madagaskar dalam Pameran Ekonomi dan Perdagangan China-Afrika ketiga di Changsha tahun lalu.

Menindaklanjuti perjanjian tersebut, Bea Cukai Changsha membentuk gugus tugas untuk memandu produsen daging Madagaskar dalam hal manajemen kualitas dan prosedur resmi.

Dalam tujuh bulan pertama tahun ini, Hunan telah mengimpor produk pertanian Afrika senilai sekitar 240 juta yuan (1 yuan = Rp2.169), atau sekitar 33,9 juta dolar AS (1 dolar AS = Rp15.372), naik 10,6 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Selain daging domba Madagaskar, Bea Cukai Changsha telah memfasilitasi penerbitan sertifikat akses pasar untuk 24 batch ekspor makanan Afrika ke China. Termasuk di antaranya produk akuatik liar dari Kenya dan Tanzania, kacang mete dari Guinea-Bissau, cabai kering dari Rwanda, dan ikan teri kering dari Kenya.




 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024