Banda Aceh (ANTARA) - Telkom Indonesia menyatakan telah memberikan dukungan jaringan komunikasi terbaik untuk menyukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024, yang bahkan telah disiapkan sejak tahun lalu.

"Untuk sukseskan PON XXI kita telah lakukan persiapan sejak 2023, berbagai aspek baik dari pembangunan infrastruktur, sistem hingga kesiapan digital talent untuk memastikan dukungan penyelenggaraan PON," kata GM Telkom Aceh, Teuku Fauzan, di Banda Aceh, Senin.

Dirinya mengatakan, pembukaan PON XXI segera digelar malam ini di Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh. Dalam hal ini, Telkom Indonesia dipercaya sebagai official partner layanan connectivity untuk memberikan dukungan penuh pada infrastruktur jaringan dan teknologi.

Selain itu, dalam pelaksanaan PON XXI, Telkom juga memberikan berbagai dukungan meliputi penggelaran jaringan fiber optic di seluruh venue PON di Aceh, penyediaan Compact Mobile BTS (COMBAT) melalui anak perusahaan Telkomsel.

Kemudian, CPE pendukung seperti CCTV di setiap venue melalui Telkom PINS, serta dukungan konektivitas satelit yang dioperatori oleh Telkomsat.

Tak hanya itu, Telkom Indonesia juga telah meningkatkan kapasitas jaringan di seluruh area yang terlibat dalam perhelatan ini.

Baca juga: PT Telkom siapkan 891 titik WiFi gratis di arena PON Papua

"Dukungan Infrastruktur tersebut demi menghadirkan pengalaman yang optimal bagi seluruh peserta dan penyelenggara," ujarnya.

Tidak hanya fokus pada infrastruktur telekomunikasi, lanjut T Fauzan, Telkom Indonesia juga turut berkontribusi dalam aspek pengamanan melalui kerja sama dengan Polda Aceh dan Polda Sumatera Utara.

Sebagai bagian dari upaya pengamanan, Telkom Indonesia mendukung jaringan untuk sarana CCTV di berbagai lokasi critical guna memantau situasi dan kondisi keamanan selama berlangsungnya PON XXI.

Ia menegaskan, Telkom berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik demi kelancaran dan kesuksesan PON XXI di wilayah Aceh.

Dukungan jaringan yang disiapkan melalui infrastruktur fiber optic dan teknologi lainnya itu diharapkan mampu memastikan layanan ICT yang prima di seluruh venue dan fasilitas yang digunakan.

"Kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk Polda Aceh dan instansi terkait lainnya, juga merupakan bagian dari peran kami untuk mendukung pengamanan dan selama event berlangsung," demikian T Fauzan.

Baca juga: Kominfo jamin kelancaran jaringan telekomunikasi jelang pembukaan PON

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024