Medan (ANTARA) - Jawa Timur menambah pundi-pundi medali emas dari cabang olahraga akuatik disiplin loncat indah pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara yang bergulir di Kolam Renang Selayang, Medan, Senin.

Prestasi tersebut diraih melalui dua atlet mereka Gladies Lariesa Garina Hagakore dan Linar Betiliana yang tampil memukau dalam persaingan nomor sinkronisasi papan 3 meter putri.

Gladies dan Linar tampil kompak dengan mendapat nilai tertinggi dari 11 hakim yang bertugas yakni 216,06.

Pada awal lomba, Gladies dan Linar tampak belum begitu menyatu. Terlihat dari nilai yang didapaty 37,20 dari hasil loncatan jenis backward twisting dive (loncatan ke belakang dengan putaran tubuh).

Setelah itu, keduanya makin menyatu. Loncatan kedua dengan reverse dive (melompat ke depan dengan rotasi ke belakang) dengan setengah putaran dalam posisi pike, mereka mendapat nilai lebih tinggi 39,00.

Penampilan Gladies dan Linar makin apik pada babak ketiga saat mereka menampilkan forward dive (loncatan ke depan) dengan 2,5 somersaults dalam posisi pike. Hasilnya, mereka mendapat tambahan poin 48,96, tertinggi sepanjang lomba hari ini.

Baca juga: Gladies dan Della buka persaingan medali loncat indah untuk Jatim

Pada dua loncatan terakhir mereka mendapatkan nilai 45,90 untuk inward dive (melompat ke belakang dengan rotasi ke depan) dengan 2,5 somersaults dalam posisi pike dan 45,00 untuk gaya backward dive (loncatan ke belakang) dengan 2,5 somersaults dalam posisi pike.

Loma loncatan ini membawa Gladies dan Linar sebagai peraih medali emas. Mereka mengalahkan wakil DKI Jakarta Maulidina Kharisma Putri dan Nur Mufiidah Sudirman yang mendapat perak dengan 201,18 serta pasangan asal Jawa Barat Fani Rianti Aulia dan Keisya Zahya Ramadani yang meraih perunggu dengan nilai 159,78.

Bagi Jawa Timur, kemenangan ini sekaligus mempertahankan medali emas pada nomor sinkronisasi papan 3 meter putri. Pada PON 2021 Papua, Jawa Timur juga sukses meraih pencapaian serupa melalui Della Dinarsari Harimurti dan Linar Betiliana.

Adapun untuk PON 2024, ini merupakan emas kedua setelah kemarin Jawa Timur juga meraih podium tertinggi di nomor sinkronisasi menara putri melalui Gladies Lariesa Garina Hagakore dan Della Dinarsari Harimurti.

Berikut hasil perlombaan loncat indah nomor sinkronisasi papan 3 meter putri pada PON 2024 di Kolam Renang Selayang, Medan, Sumatera Utara, Senin (9/9/2024):

  1. Gladies Lariesa Garina Hagakore - Linar Betiliana (Jawa Timur) - 216,06
  2. Maulidina Kharisma Putri - Nur Mufiidah Sudirman (DKI Jakarta) - 201.18
  3. Fani Rianti Aulia - Keisya Zahya Ramadani (Jawa Barat) - 159,78.
  4. Nazra Fadila - Adreva Rasty Putri (Sumatera Selatan) - 154,14
  5. Chairunisa Adinda Putri - Angel Theresia Purba (Sumatera Utara) - 142,23
Baca juga: DKI pertahankan emas loncat indah nomor sinkronisasi papan 3 m putra

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024