Paris (ANTARA) - Setelah berhasil menyabet medali emas ketiga secara beruntun dalam cabang olahraga angkat berat putri kelas 67 kilogram di Paralimpiade Paris, Jumat (6/9), atlet angkat berat China Tan Yujiao menerima hadiah tak terduga, yakni sebuah pakaian yang diberikan oleh Fatma Omar, ikon cabor angkat berat berusia 50 tahun dari Mesir.

"Omar selalu menjadi idola saya," kata Tan saat membicarakan atlet yang sudah enam kali mengikuti Paralimpiade serta memenangkan empat medali emas dan dua medali perak tersebut. 

"Berkompetisi bersama idola saya merupakan tantangan sekaligus inspirasi. Hal itu mendorong saya untuk menjadi yang terbaik," kata Tan.

"Di Paralimpiade London 2012, dia sudah terkenal, sedangkan saya masih pemula. Kami langsung cocok, dan dia meninggalkan kesan yang tak terlupakan bagi saya saat pertama kali bertemu," Tan mengenang pertemuan mereka.

"Di London, dia menghadiahkan seragam tim Mesir kepada saya. Saya sangat senang. Dia seperti kakak perempuan bagi saya," kata Tan menambahkan.

Tan dan Omar kerap bertemu dalam berbagai kompetisi selama bertahun-tahun. Mereka selalu saling menyapa dengan hangat dan tulus setiap kali bertemu, dan persahabatan mereka pun menjadi semakin erat.
 
 Tan merayakan kemenangan saat final angkat berat putri kelas 67 kilogram Paralimpiade Paris 2024 di Prancis, pada 6 September 2024. (ANTARA/Xinhua/Lian Yi)


Kedua atlet itu berkompetisi dalam pertandingan final cabor angkat berat putri kelas 67 kg di Tokyo 2020. Tan berhasil membawa pulang medali emas dengan angkatan 133 kg, sementara Omar menyabet medali perak. 

Omar pun memuji Tan usai pertandingan tersebut. 

"Saya sangat senang Tan memenangkan medali emas. Saya yakin dia akan meraih pencapaian yang lebih hebat lagi di masa mendatang," kata Omar.

Ikatan mereka tetap erat meskipun Omar pensiun dari para angkat berat profesional tahun lalu. Omar mengikuti karier Tan dengan cermat, mengirimkan pesan-pesan penyemangat untuk Tan setelah setiap kemenangannya. 
 
Atlet angkat berat China Tan Yujiao (kiri) berfoto setelah mendapat hadiah dari atlet angkat berat Mesir Fatma Omar. (ANTARA/Xinhua/Dokumentasi pribadi Tan Yujiao)


Omar datang ke Paris sebagai bagian dari kontingen Mesir. Saat Tan memecahkan rekor dunianya sendiri dan meraih gelar juara, Omar tak kuasa menahan kegembiraannya.

"Dia sangat peduli pada latihan dan kehidupan saya, dan selalu menyemangati saya untuk terus maju. Dia mengatakan, 'Aku telah berkompetisi dalam enam Paralimpiade. Ini yang keempat bagimu. Jika kau terus berjuang dua kali lagi, kau akan bisa mengejarku,'" ungkap Tan. 

"Dia selalu tulus kepada saya dan saya sangat menghargai persahabatan kami," kata Tan lagi.

Saat Paralimpiade hampir berakhir, Tan menyiapkan hadiah istimewa untuk Omar, yakni sekotak teh Sumur Naga Danau Barat dari kampung halamannya dan sekuntum bunga buatan tangan, yang melambangkan harapan terbaiknya untuk putri Omar yang akan segera menikah dan persahabatan abadi mereka.

"Saya berharap persahabatan kami akan mekar selamanya, seperti bunga ini," tutur Tan.

Dari rival menjadi sahabat seumur hidup, Tan dan Omar menunjukkan bahwa selalu ada ruang bagi persahabatan untuk tumbuh dalam olahraga.
 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024