Di Medan juga sama. Saat pembukaan akan ada defile dari masing-masing kontingen
Medan (ANTARA) - Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XXI Wilayah Sumatera Utara akan menyelenggarakan defile pembukaan pesta olahraga multi cabang nasional itu, kendati upacara pembukaan dipusatkan di Stadion Harapan Bangsa, Aceh, pada Senin malam.

Upacara pembukaan PON XXI di Sumatera Utara akan berlangsung di Stadion Baharuddin Siregar, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Upacara pembukaan di Sumut akan mengikuti jadwal yang ada di Aceh.

"Di Medan juga sama. Saat pembukaan akan ada defile dari masing-masing kontingen. Mereka akan berjalan dihadapkan 6 ribuan penonton," ujar Ketua Bidang Media dan Humas Panwasrah PON XXI Wilayah Sumut Raja Parlindungan Pane di Medan, Senin.

Baca juga: Panitia: Pengibaran bendera kontingen sehari sebelum pembukaan PON XXI

Raja memastikan pembukaan PON XXI di Sumatera Utara akan sama meriahnya dengan yang di Aceh. Begitu pula dengan rangkaian kegiatan yang akan berlangsung.

Jadi nantinya akan ada dua kegiatan yang berlangsung di Sumut yakni upacara pembukaan secara On Air dan Off Air.

Pada saat On Air, semua agenda acara akan mengikuti kegiatan di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh dan penonton diarahkan untuk menonton videotron yang ada di dalam dan luar stadion.

Adapun secara Off Air, beragam kegiatan juga akan berlangsung di Stadion Baharuddin Siregar. Untuk acara Off Air akan diisi dengan hiburan oleh grup musik J-Rocks, lucky draw, dan permainan yang berhadiah menarik untuk penonton.

Baca juga: Kembang api bakal hiasi langit Aceh saat pembukaan PON XXI Aceh-Sumut

Sementara untuk Defile, panitia ingin agar atlet yang berlaga di wilayah Sumut juga merasakan atmosfer serupa layaknya di Aceh yang dibuka langsung Presiden Joko Widodo.

"Jadi mereka juga merasakan. Menjadi sebuah kebanggaan saat menunjukkan identitas kontingen dihadapan publik di Sumut," kata dia.

Kapasitas stadion warga Deli Serdang itu dipersiapkan oleh panitia sebanyak 6 ribuan kursi untuk masyarakat, pejabat, dan tamu undangan.

Untuk menjaga kenyamanan dan keamanan acara, tambah Ipunk, panitia juga telah berkoordinasi dengan Polda, Polres, TNI, dan pihak terkait untuk membantu crowd management di lokasi.

Baca juga: PB PON XXI Wilayah Sumut siapkan layar besar untuk tonton pembukaan
Baca juga: Nurul Akmal dipilih jadi penyulut api saat pembukaan PON Aceh-Sumut
Baca juga: KONI pastikan kegiatan pembukaan PON XXI Aceh-Sumut sesuai jadwal

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024