Athena (ANTARA) - Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis pada Minggu (8/9) mengatakan bahwa memperkuat kemampuan militer Yunani merupakan salah satu prioritas pemerintah.

"Saya tidak pernah punya ilusi dan selalu realistis mengenai pemulihan hubungan dengan Turki," kata Mitsotakis dalam sebuah konferensi pers di kota pelabuhan utara Thessaloniki.

Mitsotakis menekankan bahwa fokus pada sisi positif dari pencairan hubungan dengan negara tetangga itu penting.

Dia menunjuk pada peningkatan jumlah wisatawan Turki yang mengunjungi pulau-pulau Yunani di Aegea timur melalui skema fasilitasi visa dan kerja sama yang sukses antara Yunani dan Turki dalam mengelola migrasi ilegal di antara hasil nyata dari hubungan bilateral yang membaik.

Di sisi lain, katanya, masalah dengan Turki tetap ada.

"Inti dari revisionisme Turki tidak berubah. Doktrin Tanah Air Biru (Turki) merupakan tantangan langsung terhadap kedaulatan kita," katanya.

Mitsotakis mengatakan doktrin tersebut juga menjadi kendala bagi negara-negara untuk dapat memulai negosiasi penetapan batas maritim, masalah mendasar antara Turki dan Yunani.

"Jika kami yakin bahwa kami akan menyelesaikan masalah kami dengan Turki dalam beberapa dekade mendatang, kami tidak perlu berinvestasi begitu besar untuk memperkuat kekuatan pencegahan angkatan bersenjata kami," tambahnya.

Mitsotakis juga menekankan bahwa Yunani telah mempelajari dan memetik pelajaran dari perang Rusia di Ukraina, dan menarik perhatian pada peran yang dimainkan oleh kendaraan udara tak berawak (UAV) dalam perang tersebut.

"Karena itu, kami sangat mementingkan dukungan terhadap upaya penelitian dan pengembangan yang akan mengarah pada produksi sistem semacam itu di dalam negeri oleh Yunani," tambahnya.

Sumber: Anadolu
Baca juga: Rusia menentang langkah militerisasi di kawasan Mediterania timur
Baca juga: Turki menawarkan bantuan memadamkan kebakaran hebat di hutan Yunani
Baca juga: Erdogan serukan Yunani untuk tidak persenjatai pulau-pulau non-militer

 

Penerjemah: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024