Taipei, (ANTARA/PRNewswire)- Pada 5 September lalu, Taiwan Design Research Institute (TDRI) memperbarui perjanjian kerja sama dengan Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Indonesia, serta menggelar Taiwan Design Lecture and Business Matching Conference yang pertama di Jakarta. Kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari perusahaan-perusahaan lokal. Perjanjian kerja sama ini ditandatangani President, TDRI, Chang Chi-Yi, dan Direktur Jenderal IKMA Kementerian Perindustrian Reni Yanita. Lewat kerja sama ini, TDRI akan mengundang desainer pemenang penghargaan Indonesia Good Design Selection (IGDS) ke Taiwan untuk mengikuti lokakarya pada Oktober mendatang yang digelar lewat kolaborasi dengan Golden Pin Design Award.

Memenuhi permintaan desain furnitur dan kemasan di Indonesia, TDRI mengundang Co-founder STIMLIG, Meng Fan-Chung dan Wu Wan-Chen, Deputy Director, Taiwan Graphic Design Association, Fu Shou-Hsi, Desainer POSINEGA Wang Yu-Hsuan untuk berbagi pengalaman desain di Taiwan. Sesi penjajakan kerja sama (matchmaking) di sektor furnitur turut digelar dengan melibatkan berbagai produsen Indonesia, mulai dari pabrik OEM kayu dan rotan hingga furnitur di ruang-ruang publik. Di tengah anjloknya bisnis di luar negeri, banyak produsen Indonesia membangun merek sendiri, serta berkolaborasi dengan desainer Taiwan. STIMLIG akan menyediakan layanan konsultasi seputar transformasi kalangan OEM yang ingin mengembangkan merek sendiri, serta menawarkan layanan desain produk.

Dalam sesi penjajakan kerja sama (matchmaking) di segmen kemasan, POSINEGA berinteraksi dengan sejumlah perusahaan lokal untuk memahami kebutuhan pencitraan merek (branding) dan desain. Para peserta mendapat kesan positif dari keahlian desain Taiwan, serta menyadari peluang kerja sama yang tersedia. Delegasi TDRI juga berkunjung ke beberapa badan dan lembaga yang berkaitan dengan sektor desain di Indonesia, termasuk Kementerian Perdagangan, Indonesia Design Development Center, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Indonesia Design District, serta Bandung, Pusat Desain Indonesia. TDRI pun bertemu dengan Bandung Creative City Forum dan Institut Teknologi Bandung yang memiliki fakultas desain terkemuka di Indonesia. Lewat rangkaian kegiatan ini, TDRI ingin mempererat hubungan dengan komunitas desainer dan industri desain di Indonesia, serta menjajaki berbagai peluang kolaborasi antara Indonesia dan Taiwan.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024