Deli Serdang (ANTARA) -
Dewan juri cabang olahraga drum band Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 memanfaatkan teknologi informasi (TI) dalam penjurian untuk menghasilkan penilaian yang lebih cepat.
 
"Alhamdulillah semua dewan juri telah melaksanakan penggunaan IT dengan baik. Artinya, semua dewan juri tidak lagi menggunakan manual. Jadi artinya, mempercepat proses (penilaian), di dalam penggunaan data sehingga bisa menentukan pemenang-pemenangnya," kata Ketua Panitia Pelaksana Nirwana Agus Saputradi saat ditemui di Deli Serdang, Sumatera Utara, Senin.
 
Nirwana menyampaikan pula bahwa para juri pun memanfaatkan beberapa kamera untuk memastikan penilaian pertandingan drum band PON 2024 akurat.
 
"Kami menggunakan 10 kamera, 2 kamera yang menggunakan tripod dan 8 menggunakan kamera menggunakan tripod sling. Itu mempermudah penilaian. Jadi di setiap sektor, dari sisi barat dan sisi timur, kami dapat melihat seluruh peserta," ujarnya.

Baca juga: PON 2024 diharapkan bikin cabang olahraga drum band semakin maju
 
Bahkan, Nirwana mengatakan, pihaknya juga memanfaatkan drone untuk menilai kerapian barisan para atlet drum band, terutama saat mereka mengikuti nomor Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP).
 
"Drone itu melihat dari atas bagaimana kerapian, kemudian bagaimana jarak antara satu barisan dengan barisan sehingga dilihat dari atas itu menunjukkan kerapian untuk seluruh peserta," ucapnya.
Tim drum band Kalimantan Tengah beraksi pada final Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP) 600 meter campuran putra-putri PON XXI Aceh-Sumut di Stadion Madya Atletik, Desa Sena, Batangkuis, Deli Serdang, Sumatera Utara, Minggu (8/9/2024). ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/nz (ANTARA FOTO/FransiscoCarollio)
Dalam PON 2024 ini, sebanyak delapan provinsi, yakni Jawa Timur, Sumatera Utara, Aceh, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, dan DI Yogyakarta akan memperebutkan 17 medali emas dari cabang olahraga drum band.
 
Tujuh belas nomor pertandingan yang diselenggarakan di antaranya adalah Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP) 400 meter putri, LBJP 400 meter putra, LBJP 800 meter campuran putra-putri, Lomba Unjuk Gelar (LUG), dan Lomba Baris Berbaris dan Lomba Unjuk Gelad (LBB-LUG).
 
Beragam nomor pertandingan itu digelar di sejumlah lokasi di Sumatera Utara, seperti Stadion Madya Atletik, GOR Futsal Disporasu, dan Jalan Sultan Serdang Kualanamu.

Baca juga: Sumut raih emas drum band nomor LBJP 400 meter putri
Baca juga: Aceh sabet medali emas drum band nomor LBJP 800 meter campuran

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024