Jakarta (ANTARA) - Shenzen merupakan salah satu kota di China dan menjadi daya tarik global karena dijuluki sebagai Silicon Valley dari Negeri Tirai Bambu tersebut.

Beragam teknologi futuristik yang saat ini berkembang secara global juga dikembangkan di kota tersebut oleh beragam perusahaan-perusahaan teknologi yang terus bertumbuh di sana.

Salah satu perusahaan teknologi yang juga besar di Shenzen ialah Huawei yang namanya sudah dikenal secara global karena teknologi-teknologinya yang inovatif di berbagai lini.

Dari kota yang serba futuristik tersebut Huawei menghadirkan fasilitas yang menjadi etalase bagi gawai-gawai dan inovasi teknologi terbarunya lewat Huawei Global Flagship Store yang terletak di pusat perbelanjaan MixC World.

Berbeda dari gerai-gerai penjualan produk pada umumnya, di fasilitas tersebut Huawei tidak hanya menunjukkan kecanggihan teknologi terbarunya tapi juga mengajak pengunjung untuk merasakan langsung pengalaman dari setiap gawai.

Tidak hanya ponsel pintarnya, wearable, dan tablet, tapi juga di fasilitas ini pengunjung akan dipuaskan untuk melihat inovasi teknologi kecerdasan artifisial untuk sistem smart home hingga di dalam kendaraan pintar.

ANTARA pun berkesempatan untuk mengeksplorasi langsung gerai premium milik Huawei itu saat berkunjung ke Shenzen beberapa waktu lalu.

Fasilitas yang dibangun pada 2019 itu hadir dengan dengan dua lantai yang menawarkan pengalaman menyeluruh dari berbagai produk HUAWEI.

Untuk lantai pertama, pengunjung akan disambut dengan keberadaan mobil-mobil pintar yang sistemnya dirancang dan ditenagai oleh HUAWEI.

Salah satu mobil yang dipamerkan misalnya seperti mobil Stelato S9 yang merupakan hasil kolaborasi HUAWEI dengan BAIC BluePark. Pengunjung bisa merasakan langsung kecerdasan dari sistem besutan HUAWEI di dalam sedan bertenaga listrik tersebut.
Tampilan sistem operasi di dalam mobil Stelato S9 yang dikerjakan oleh Huawei dan dipamerkan di dalam Huawei Global Flagship Store di MixC Mall, Shenzen, China. Foto diambil Kamis (29/8/2024). (ANTARA/Livia Kristianti)


Pengunjung bisa mencoba fungsi dasar pengatur suhu dan sistem air conditioner (AC) hingga melihat sistem hiburan yang pintar. Semua bisa dilakukan secara langsung oleh pengunjung.

Ini menjadi pengalaman unik terutama bagi pengunjung yang baru pertama kali melihat dan mencoba langsung. Semua terkesan otomatis dan seamless berkat kecerdasan artifisial, berbeda jauh dibandingkan pengalaman dengan mobil konvensional.

Ada banyak mobil yang dipamerkan, sehingga para pecinta otomotif akan sangat betah mencoba berbagai fitur unggulan inovasi Huawei tersebut.

Setelah puas melihat-lihat pintarnya sistem di dalam sebuah kendaraan-kendaraan pintar, pengunjung bisa melanjutkan perjalanannya untuk melihat langsung gawai-gawai keluaran terbaru dari Huawei yang tak jauh letaknya dari mobil-mobil itu.

Bagi masyarakat Indonesia saat melihat deretan gawai terbaru Huawei ini, mungkin ada rasa nostalgia bahkan takjub mengingat banyak gawai-gawai dari Huawei yang sudah lama tidak dirilis di Indonesia.
Tampilan ponsel pintar Huawei Pura Series yang dipamerkan di Huawei Global Flagship Store di MixC Mall, Shenzen, China. Foto diambil Kamis (29/8/2024). (ANTARA/Livia Kristianti)
Tampilan ponsel pintar Huawei Nova Flip series yang dipamerkan di Huawei Global Flagship Store di MixC Mall, Shenzen, China. Foto diambil Kamis (29/8/2024). (ANTARA/Livia Kristianti)
Tampilan ponsel pintar Huawei Pocket yang dipamerkan di Huawei Global Flagship Store di MixC Mall, Shenzen, China. Foto diambil Kamis (29/8/2024). (ANTARA/Livia Kristianti)


Jajaran ponsel pintarnya yang dipamerkan di fasilitas ini benar-benar lengkap, mulai dari Pura Series yang terbaru, Nova Series, Mate Series baik itu yang versi biasa, flip, dan fold semuanya dipamerkan secara lengkap  di fasilitas ini.

Tidak hanya itu, wearable-wearable yang turut ditampilkan berderet dengan ponsel-ponsel pintar juga sangat memanjakan mata.

Bukan hanya jam-jam tangan pintar saja yang juga mudah ditemukan di pasaran global tapi ada juga wearable unik lain yang dipamerkan seperti Huawei FreeBuds Lipstick 2 serta kacamata pintar HUAWEI.
Tampilan Huawei FreeBuds Lipstick 2 yang dipamerkan di Huawei Global Flagship Store di MixC Mall, Shenzen, China. Foto diambil Kamis (29/8/2024). (ANTARA/Livia Kristianti)


Apabila masih belum lelah melihat gawai-gawai anyar di lantai satu, maka selanjutnya perjalanan mengeksplorasi gerai terbesar Huawei ini harus berlanjut ke lantai dua.

Di lantai dua, pengalaman yang ditawarkan merupakan pengalaman untuk sistem rumah pintar atau smart home mulai dari yang mendasar seperti sistem pintu pintar dan CCTV pintar hingga yang semakin canggih adalah inovasi kulkas hingga cooker hood pintar yang telah menerapkan kecanggihan berupa teknologi nirsentuh.  Hal itu memberikan penggambaran dari sebuah sistem rumah pintar yang futuristik.

Pengunjung juga bisa menjajal langsung semua kecanggihan tersebut dalam sebuah ruangan untuk melihat bagaimana jadinya jika semua sistem tersebut terintegrasi sehingga dapat memudahkan aktivitas sehari-hari saat berada di dalam rumah pintar.
Suasana ruangan smarthome di Huawei Global Flagship Store di MixC Mall, Shenzen, China. Foto diambil Kamis (29/8/2024). (ANTARA/Livia Kristianti)
 
Suasana ruangan smarthome di Huawei Global Flagship Store di MixC Mall, Shenzen, China. Foto diambil Kamis (29/8/2024). (ANTARA/Livia Kristianti)


Di ruangan khusus yang diciptakan sebagai ruang simulasi yang diintegrasikan dengan sistem operasi Harmony yang dikembangkan Huawei, pengunjung dapat melihat bagaimana sistem rumah pintar dapat mengatur pencahayaan dengan mudah sesuai mood hingga menghubungkan sambungan panggilan video dari ponsel ke TV pintar-nya.

Pengalaman menjajal teknologi-teknologi terbaru dari Huawei ini bisa diakhiri dengan bersantai membeli minuman pelepas dahaga di kedai kopi mini yang juga terletak di lantai dua dari Huawei Global Flagship Store ini.
Area Komunal yang disiapkan untuk komunitas di Huawei Global Flagship Store di MixC Mall, Shenzen, China. Foto diambil Kamis (29/8/2024). (ANTARA/Livia Kristianti)


Pengunjung bisa menikmati minuman di ruang komunal yang tersedia di antara lantai satu dan lantai dua. Biasanya di akhir pekan ruang komunal ini juga digunakan oleh komunitas-komunitas yang tertarik membahas topik-topik menarik seperti fotografi, videografi, hingga  kesehatan sejalan dengan produk-produk yang dirilis Huawei dan bisa mengakomodasi hal-hal tersebut.

Jika anda berkunjung ke Shenzen dan ingin mencari pengalaman penuh teknologi inovatif, maka tak ada salahnya untuk melihat dan menjajal pengalaman tersebut di Huawei Global Flagship Store di MixC Mall, Shenzen ini.
 

Editor: Slamet Hadi Purnomo
Copyright © ANTARA 2024