Medan, Sumatera Utara (ANTARA) - Manajemen lapangan golf Royal Sumatra Golf Course siap 100 persen menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024.

"Dengan persiapan yang matang dan fasilitas yang memadai, Royal Sumatra siap memberikan pengalaman bertanding yang luar biasa bagi para atlet golf PON XXI 2024," ujar Pengelola Lapangan Golf Royal Sumatra, Limbong di Medan, Sumatera Utara, Senin.

Limbong mengatakan pihaknya telah mempersiapkan lokasi dengan maksimal untuk menyambut para atlet golf dari seluruh Indonesia, termasuk menghadirkan keistimewaan berupa rumput segar yang didatangkan langsung dari Pulau Jawa agar tampilan lapangan lebih indah dan asri, memberikan pengalaman bermain yang tidak ditemukan di tempat lain.

Manajemen lapangan golf tersebut sudah sejak setahun lalu berbenah dalam menyambut PON 2024. Kala itu, pihak manajemen sudah kerap berdiskusi dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumatera Utara (Sumut) dan Pemerintah Provinsi Sumut untuk memastikan semua persiapan berjalan lancar.

Adapun lapangan itu, kata dia, sebenarnya sudah lama menjadi tempat latihan dan pertandingan golf berbagai kegiatan nasional dan internasional. Namun untuk menyambut PON, persiapan dilakukan lebih serius dan detail.

Ia menjelaskan lapangan golf yang berlokasi di Jalan Jamin Ginting KM 8,5 tersebut termasuk salah satu lapangan golf terbaik di Asia, bahkan dunia, dengan luas keseluruhan mencapai 78 hektare dan 18 hole yang siap digunakan.

Selain itu, sambung dia, fasilitas pendukung juga telah disiapkan, termasuk 180 loker untuk pria dan 28 loker untuk wanita. Begitu pula dengan berbagai fasilitas dan aksesibilitas, seperti jaringan internet dan kesiapan darurat dari PT Pembangkit Listrik Negara atau PLN (Persero) yang telah dipastikan optimal.

Tidak hanya mempercantik lapangan dengan rumput khusus, manajemen juga menyediakan area stan untuk UMKM lokal yang berjejer mulai dari pintu masuk hingga kawasan club house Royal Sumatra.

Limbong menuturkan berbagai stan tersebut akan menawarkan berbagai produk unggulan Sumut, termasuk kuliner khas dan suvenir yang berada di bawah naungan Dinas Koperasi dan UMKM Sumut.

“Kami ingin menciptakan suasana yang lebih meriah dengan kehadiran UMKM. Para pengunjung bisa menikmati kuliner khas Sumut sambil menyaksikan pertandingan,” kata dia.

Terkait konsumsi para atlet, dia menyampaikan bahwa seluruh kebutuhan konsumsi selama pertandingan ditangani oleh panitia PON (Pengurus Besar PON), sehingga pihaknya fokus pada kesiapan lokasi bertanding dan pelayanan terbaik.

Hingga saat ini, beberapa kontingen golf sudah tiba di Sumut dan mulai berlatih, termasuk dari Banten, Jawa Barat, dan Surabaya. Adapun akan terdapat 86 atlet golf dari 23 provinsi yang akan berlaga mulai 12-18 September 2024 dalam rangka PON XXI 2024.

"Kami berharap semuanya berjalan lancar dan Sumut dapat menjadi tuan rumah yang baik," ucap Limbong.

Baca juga: 86 pegolf dari 23 provinsi siap bertanding di PON 2024
Baca juga: Hansel jadikan prestasi di Indonesia Open sebagai modal jelang PON

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024