Jakarta (ANTARA) - Jenama kosmetik, Y.O.U, menggandeng Yayasan Daya Dara Indonesia (Lovepink) untuk mengkampanyekan dan mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai kanker payudara dalam kampanye #CaringGlow.

Melalui salah satu produk perawatan kulit Radiance Glow Illuminating Serum, keduanya ingin mengajak wanita Indonesia yang tidak hanya menjaga kecantikan kulit tapi juga bisa lebih sadar terhadap kesehatan tubuh termasuk salah satunya pada kesehatan payudara.

"Harapan kami melalui kolaborasi ini, dapat meningkatkan kesadaran perempuan Indonesia akan pentingnya mencintai diri sendiri dan sekitar dengan memperhatikan kesehatan, khususnya dalam memahami pentingnya kesadaran akan kanker payudara,”kata Marketing Manager Y.O.U Arkanda Saecario Wicaksono dalam keterangannya, Senin.

Baca juga: Yang perlu diketahui tentang vaksin kanker payudara

Baca juga: Mengetahui faktor reproduksi terkait risiko kanker payudara


Dalam kampanye #CaringGlow, Y.O.U bersama Lovepink akan melakukan serangkaian kegiatan mulai dari edukasi baik yang disiapkan berlangsung daring dan luring, hingga menyediakan fasilitas USG skrining secara gratis di beberapa universitas dan rumah sakit di daerah Jabodetabek. Seluruh kegiatan itu berlangsung mulai September hingga Oktober 2024.

Membahas masalah kanker payudara, Ketua Yayasan Lovepink Indonesia Dede Gracia menjelaskan potensi kanker payudara yang bisa dialami oleh wanita.

Menurutnya dibandingkan pria, wanita lebih rentan terkena kanker payudara karena adanya faktor hormon estrogen yang tinggi.

Data World Cancer Research Fund International menunjukkan bahwa kanker payudara menjadi kanker nomor satu pada wanita di dunia dengan data di 2022 terdapat 2.296.840 kasus baru kanker payudara pada wanita.

Data itu juga menunjukkan bahwa Indonesia juga termasuk dalam jajaran 10 negara dengan penderita kanker payudara terbanyak di dunia, menempati posisi kedelapan dengan total 66.271 kasus.

Dede mengatakan dengan melakukan deteksi dini dan memahami penyebab kanker payudara sebenarnya 98 persen pasien memiliki peluang untuk sembuh.

Maka dari itu, diperlukan edukasi yang masih dan menyeluruh kepada masyarakat agar pasien kanker payudara dapat tertangani dengan baik.

Dengan langkah edukasi dan pengenalan deteksi dini, yayasan tersebut menargetkan untuk dapat mengurangi angka penderita kanker payudara stadium lanjutan di Indonesia pada 2030.

"Kami berharap rangkaian kegiatan yang akan kami lakukan bersama pada bulan September hingga Oktober 2024 ini, dapat memperluas jaringan dan jangkauan Lovepink kepada masyarakat Indonesia terutama para perempuan muda,” kata Dede.

Lewat kolaborasi ini, Y.O.U turut menghadirkan kembali produk edisi terbatasnya dengan tema Sakura bernama Radiance Glow Illuminating Serum Sakura Limited Edition.

Serum ini dirancang aman untuk pemilik kulit sensitif yang memiliki permasalahan kulit seperti kulit kusam, menengangkan kulit yang iritasi dan kemerahan, serta menjaga kesehatan barrier kulit.

Baca juga: Olahraga 30 menit dapat tingkatkan jumlah sel pembunuh kanker payudara

Baca juga: Pro kontra kecerdasan artifisial untuk deteksi kanker payudara

Baca juga: Ini yang harus diperhatikan saat periksa payudara sendiri

 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024