Jakarta (ANTARA) - Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2024 diperingati di seluruh Indonesia dengan mengangkat tema pada tahun ini “Ayo Berolahraga: Bersatu Kita Juara” yang mencerminkan komitmen untuk terus membina dan mengembangkan olahraga di berbagai kalangan masyarakat.

Peringatan ini menjadi momen penting bagi bangsa Indonesia untuk mengenang sejarah panjang olahraga nasional sekaligus sebagai refleksi terhadap prestasi yang telah diraih di tingkat internasional.

Baca juga: Presiden: Jadikan Haornas momentum untuk berjaya

Sejarah Haornas sendiri dimulai pada tahun 1983, ketika pemerintah menetapkan tanggal 9 September sebagai Hari Olahraga Nasional. Tanggal ini dipilih berdasarkan peristiwa bersejarah, yakni pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama di Solo pada tahun 1948.

Dalam perjalanannya, Haornas telah menjadi simbol penting dari perkembangan olahraga di Indonesia. Peringatan ini bukan hanya soal kompetisi, tetapi juga untuk membangkitkan kesadaran masyarakat akan pentingnya olahraga sebagai bagian dari gaya hidup sehat dan kebugaran nasional.

Tahun 2024, Haornas menjadi lebih istimewa, karena berdekatan dengan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang dihelat di dua provinsi, yakni Aceh dan Sumatera Utara.

PON kali ini diharapkan menjadi ajang pembuktian bahwa Indonesia tidak hanya mampu menggelar kompetisi olahraga di berbagai wilayah, tetapi juga memupuk semangat persatuan di tengah keragaman budaya yang ada.

Pemerintah juga memastikan persiapan untuk penyelenggaraan pertandingan sudah mencapai tahap final, bahkan pertandingan beberapa cabang olahraga sudah dimulai lebih dulu.

Baca juga: Mengembalikan spirit olahraga sebagaimana mestinya

Baca juga: Cabang menembak gelar kualifikasi pertama PON XXI/2024 Aceh-Sumut


"Saya rasa ini persiapan semuanya sesuai target," kata Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo (8/9).

Sebagai ajang olahraga nasional tertua, PON menjadi wadah pembinaan bagi atlet-atlet muda yang diharapkan mampu meraih prestasi di kancah internasional. Haornas 2024 menjadi momentum untuk mendorong peningkatan kualitas olahraga melalui pembinaan yang berkesinambungan, yang diwujudkan melalui PON XXI.

Haornas 2024 juga menjadi momentum penting bagi bangsa Indonesia untuk merayakan prestasi sekaligus memperkuat tekad dalam meningkatkan kualitas olahraga nasional. Dengan semangat yang dibawa oleh PON Aceh-Sumut, diharapkan olahraga Indonesia akan semakin maju dan mampu bersaing di level internasional.

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024