Jakarta (ANTARA) - Apple dikabarkan bakal menggandakan memori dasar pada model iPhone 16 Pro sebagai bagian dari peningkatan fitur yang ditawarkan tahun ini.

Dengan melakukan hal tersebut itu artinya opsi memori dasar 128GB tidak akan ada di pasaran seperti tahun-tahun sebelumnya dan iPhone 16 Pro akan mulai dipasarkan dengan opsi memori dasar 256GB.

Dikutip dari laporan Gizmochina, Sabtu (7/9), firma riset pasar dari Taiwan, yaitu TrendForce menyebutkan bahwa Apple mengambil keputusan menaikkan memori dasar pada iPhone 16 Pro karena ponsel ini membawa peningkatan fitur.

Baca juga: Pembaruan Apple tahun ini, termasuk detail iPhone 16

Baca juga: Apple berencana produksi lebih banyak iPhone Pro dan ProMax tahun ini


Peningkatan fitur yang dimaksud pada iPhone 16 Pro adalah hadirnya lensa zoom tetraprisma yang sebelumnya eksklusif untuk varian Pro Max.

Tentunya dengan opsi memori dasar 128GB dan digantikan dengan memori 256GB maka harga penjualan untuk model iPhone 16 Pro akan jauh lebih tinggi namun dengan adanya peningkatan fitur khususnya dari sisi kamera yang menjadi fitur andalan banyak penggunanya maka kenaikan harga tersebut akan menjadi masuk akal.

Langkah serupa juga pernah diambil Apple pada perilisan iPhone 15 Pro Max tahun lalu yang menaikkan memori dasarnya menjadi 256GB.

Saat itu, Apple juga memperkenalkan lensa zoom tetraprisma pada iPhone 15 Pro Max, yang tentu saja menaikkan biaya.

Agar harga yang lebih tinggi dapat diterima, perusahaan meningkatkan penyimpanan dasar dari 128 GB menjadi 256 GB.

Maka dari itu ketika langkah serupa dilakukan pada perilisan iPhone 16 series hal tersebut bukanlah sesuatu yang aneh.

Selain penyimpanan dan kamera, laporan TrendForce menguatkan detail yang sebelumnya bocor tentang perangkat keras seri iPhone 16.

Model Reguler yang terdiri dari iPhone 16 dan iPhone 16 Plus diharapkan akan menggunakan chip A18, sedangkan model Pro akan menggunakan prosesor A18 Pro yang lebih bertenaga.

Ada kemungkinan juga bahwa Apple akan meningkatkan RAM pada model reguler dari 6 GB menjadi 8 GB untuk memenuhi tuntutan fitur Apple Intelligence.

Semua itu sekali lagi hanya prediksi awal dan detail konkret mengenai seri iPhone 16 akan terungkap dalam acara peluncurannya yang tinggal menghitung jam.

Baca juga: Apple bakal pakai chip A18 untuk semua model iPhone 16

Baca juga: iPhone 16 Pro dikabarkan bakal dapat peningkatan kamera

Baca juga: Hanya model Pro dari iPhone 16 yang gunakan modem 5G terbaru Qualcomm

 

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024