Banda Aceh (ANTARA) - Empat tim bisbol dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten dan Lampung berhasil mengunci tiket menuju super round atau semifinal dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 di Lapangan Tugu Universitas Syiah Kuala (USK), Banda Aceh yang akan digelar pada Rabu (11/9).

Technical Delegate (TD) bisbol PON XXI Aceh-Sumatera Yonatan Hibau didampingi Koordinator Bidang Humas, Murdani menyampaikan bahwa pada Minggu malam, pihaknya telah mengadakan pertemuan manajer untuk membahas super round.

"Insyaallah, malam ini kita akan melakukan manager meeting untuk ada penentuan klasemen. Jadi kita akan menentukan pertandingan itu di hari Rabu (11/9) untuk melakukan super round," kata Yonatan selepas pertandingan, Minggu.

Pertandingan pertama, kata dia, dimulai pukul 08.00 WIB, di mana DKI Jakarta dengan Lampung. Selanjutnya laga kedua, Jawa Barat melawan Banten akan dimulai pada pukul 13.00 WIB.

Yonatan juga menyampaikan apresiasi kepada semua tim yang telah bertanding dengan semangat dan sportivitas tinggi.

"Babak penyisihan berlangsung sangat kompetitif, dan keempat tim yang lolos menunjukkan kualitas permainan yang luar biasa. Kami berharap pada babak super round akan semakin menarik dan memberikan tontonan yang menghibur bagi para penonton," kata Yonathan.

Baca juga: Bisbol - Lampung tambah pundi kemenangan jelang super round
Baca juga: Bisbol - Jabar lanjutkan tren positif dengan tundukkan Bali 14-12


Yonathan menjelaskan dari klasemen akhir di babak penyisihan menempatkan tim DKI Jakarta pada posisi pertama. Anak asuh Gilberto Sajogo itu meraih enam kali kemenangan tanpa kekalahan dan berhasil mengumpulkan 80 poin.

Pada posisi kedua ditempati oleh tim Jawa Barat dengan torehan lima kali menang, satu kali kalah dengan total 95 poin.

Adapun tim Banten berhasil menduduki peringkat ketiga usai meraih empat kali menang, dua kali kalah dengan perolehan 91 poin.

Terakhir di posisi keempat tim Lampung dengan tiga kali menang, tiga kali kalah dengan total 60 poin.

"Pada babak super round, empat tim tersebut nantinya akan kembali dipertandingkan dengan di silang yaitu, peringkat pertama DKI Jakarta dan berhadapan dengan peringkat keempat, Lampung. Selanjutnya peringkat kedua Jawa Barat akan berjumpa dengan Lampung," tutur Yonathan.

Yonathan berharap super round dapat berjalan lancar dan menjadi ajang pembuktian bagi tim-tim yang sudah lolos.

"Pertandingan ini akan menjadi ajang pembuktian bagi tim-tim tersebut dengan tujuan utama membawa pulang medali emas. Semoga laga penentuan itu dapat berlangsung aman dan lancar," pungkasnya.

Baca juga: Sulsel targetkan semifinal tenis beregu putri
Baca juga: Menpora terbuka untuk tampung keluhan dari para kontingen PON XXI


Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024