Aceh (ANTARA) - Provinsi Jawa Timur memimpin klasemen sementara perolehan medali cabang olahraga panjat tebing pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara 2024 dengan raihan dua medali emas dan satu perak.

Dikutip dari laman resmi Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Minggu malam, Provinsi Papua berada di urutan kedua dengan perolehan satu medali emas dan satu perunggu, diikuti Bali dengan perolehan satu medali emas di peringkat ketiga.

Pada peringkat keempat, Jawa Tengah memperoleh satu medali perak dan satu perunggu.

Kemudian, Banten dan Jawa Barat berurutan memperoleh masing-masing satu medali perak, diikuti DIY dan Kalimantan Barat dengan perolehan masing-masing satu medali perunggu.

Pertandingan cabang olahraga panjat tebing pada PON XXI Aceh-Sumut berlangsung di Arena Panjat Tebing, Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Aceh, dimulai sejak 6 September lalu.

Pada PON XXI Aceh-Sumut, cabang olahraga panjat tebing mempertandingkan 16 nomor, dan empat di antaranya sudah final, yakni combined (boulder and lead) perorangan putra dan putri, serta speed relay putra dan putri.

Pertandingan cabang olahraga panjat tebing diikuti sebanyak 26 provinsi yang mengirimkan total 188 atlet, terdiri atas 103 atlet putra dan 85 atlet putri.

Baca juga: Panjat tebing - Jatim raih medali emas speed relay putri


Pembukaan PON XXI 2024 akan berlangsung pada Senin, 9 September 2024, di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, meski pertandingan di beberapa cabang olahraga sudah mulai sejak awal bulan ini.

Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan akan membuka langsung perhelatan nasional empat tahun sekali tersebut.

PON Aceh-Sumut 2024 menjadi edisi terbesar dalam sejarah karena melibatkan hampir 13.000 atlet dan 6.000 lebih ofisial.

Selain itu, PON kali ini juga menjadi yang pertama dilaksanakan di dua provinsi sebagai tuan rumah.

Baca juga: Menpora: Persiapan upacara pembukaan PON XXI Aceh-Sumut sesuai target

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024