Deli Serdang (ANTARA) -
Ketua Umum Pengurus Provinsi Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) DKI Jakarta Brigadir Jenderal (Brigjen) Panca Iswandaru menyampaikan bahwa pelatihan drum band tidak hanya berdampak positif memperkuat fisik, tetapi juga pada kepribadian atlet.
 
"Orang tuanya (atlet drum band) menyampaikan yang tadinya kalau tidur harus dikeloni, sekarang enggak. Yang tadinya makan harus disuapi, sekarang makan sendiri. Yang tadinya sholat biasanya bolong-bolong, sekarang tepat waktu banget. Saya cukup bangga, kepribadiannya bagus," kata Panca.
 
Hal tersebut dia sampaikan saat ditemui usai menghadiri pertandingan Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP) 600 Meter Campuran PON XXI/2024 di Stadion Madya Atletik, Kawasan Sumut Sport Center, Desa Sena, Batangkuis, Deli Serdang, Sumatera Utara, Minggu.
 
Panca yang juga merupakan Manager Drum Band DKI Jakarta itu pun menyampaikan bahwa cabang olahraga (cabor) drum band tidak bisa disepelekan. Menurutnya, drum band tidak hanya memerlukan keterampilan atlet dalam memainkan alat musik, tetapi juga stamina yang kuat, seperti berlari dan menyesuaikan langkah dengan irama alat musik
 
"Coba saja ya, kita lari sambil meniup (terompet). Ya, berat, apalagi iramanya harus sesuai. Langkahnya juga harus sama, berat," ucap dia.
 
Dengan demikian, Panca pun mengaku bangga dengan para atlet drum band, khususnya atlet drum band DKI Jakarta yang telah berlatih dengan maksimal.
 
Selanjutnya, Panca juga menilai PON bukan sekadar wadah kompetisi untuk mencari atlet terbaik, melainkan juga wadah untuk para atlet menjalin persahabatan dengan atlet lainnya dari beragam provinsi.
 
"PON ini kan untuk persahabatan, atlet bertemu dari beragam bidang olahraga, seperti drum band yang mana dari berbagai macam provinsi," ujar dia.
 
Dalam PON 2024 ini, sebanyak delapan provinsi, yakni Jawa Timur, Sumatera Utara, Aceh, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, dan DI Yogyakarta akan memperebutkan 17 medali emas dari cabang olahraga drum band.
 
Tujuh belas nomor pertandingan yang diselenggarakan di antaranya adalah Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP) 400 meter putri, LBJP 400 meter putra, LBJP 800 meter campuran putra-putri, Lomba Unjuk Gelar (LUG), dan Lomba Baris Berbaris dan Lomba Unjuk Gelad (LBB-LUG).
 
Beragam nomor pertandingan itu digelar di sejumlah lokasi di Sumatera Utara, seperti Stadion Madya Atletik, GOR Futsal Disporasu, dan Jalan Sultan Serdang Kualanamu.

Baca juga: Ketua Harian PB PON: Drum band berpotensi majukan wisata olahraga

Baca juga: Drum Band Jatim sumbang satu emas dari LBJP 400 meter putra

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024