Medan (ANTARA) - Pembalap muda Indonesia Veda Ega Pratama menutup musim pertamanya di Red Bull Rookies Cup 2024 di posisi delapan setelah meraih 21 poin pada seri ketujuh atau seri terakhir di Sirkuit Dunia Misano Marco Simoncelli, Italia.

Veda yang memulai balapan di Misano di posisi kesembilan, finis posisi sembilan pada hari pertama balapan, Sabtu (7/9).

Lalu, pada balapan kedua, pembalap 15 tahun itu tampil lebih baik dan finis pada posisi keempat sebagai finis terakhirnya di musim ini.

Torehan poin ini membuat Veda mengoleksi total 112 poin dari tujuh seri yang dilombakan untuk menempatkan dirinya di posisi delapan pada klasemen akhir kompetisi balapan Eropa Red Bull Rookies Cup.

"Pada akhirnya, tidak terlalu buruk bagi saya untuk tahun pertama di Rookies, saya senang," kata pembalap asal Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta itu setelah balapan, dikutip dari laman resmi Red Bull Rookies Cup, Minggu.

Baca juga: Veda Ega Pratama raih 14 poin di Red Bull Rookies Cup seri Aragon

Sementara itu, sang juara musim ini adalah pembalap asal Spanyol Alvaro Carpe dengan 232 poin, unggul dua poin dari rekan senegaranta Brian Uriarte di posisi kedua, dan 26 poin dari pembalap Argentina Valentine Perrone di posisi ketiga.

Perrone menjadi pemenang balapan terakhir di Misano pada hari ini. Namun, podium kedua yang didapatkan Carpe cukup membuatnya menyegel gelar juara setelah mendahului Uriarte yang ada di posisi ketiga.

Menatap musim depan, Veda berharap lebih banyak naik podium. Pada debutnya musim ini, ia berhasil naik podium satu kali di tempat ketiga saat ajang yang melahirkan bintang-bintang MotoGP itu memasuki seri kelima pada balapan kedua di Red Bull Ring, Spielberg, Austria.

"Sebelum saya memulai, saya berpikir untuk balapan di 10 besar, mungkin di 5 besar, tetapi di Austria, saya naik podium dan mencoba memimpin beberapa lap dalam beberapa balapan. Tahun depan saya berharap bisa berkali-kali naik podium dan berharap bisa menjadi juara,” tutupnya sambil tersenyum.

Baca juga: Veda persembahkan podium pertamanya untuk Hari Kemerdekaan Indonesia

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024