Banda Aceh (ANTARA) - Tim putri Sulawesi Selatan (Sulsel) menaklukkan Sumatera Utara (Sumut) dengan skor akhir 3-0 pada pertandingan babak penyisihan Pool A Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut di Lapangan Tenis Blang Oi, Banda Aceh, Minggu.

Pertandingan pertama dibuka oleh babak tunggal yang mempertemukan Nurul Fadhilah Yusran dari Sulsel dan Annisa Putri Arneliani dari Sumut. Di set pertama, Nurul unggul tanpa perlawanan dengan perolehan skor 6-0.

Annisa sempat memberikan perlawanan ketika pertandingan memasuki set kedua dimana ia meraih kemenangan dengan skor 6-3 sehingga kedudukan menjadi seimbang.

Pada set ketiga Nurul mengunci kemenangan Sulsel pada pertandingan tunggal pertama dengan kemenangan 6-4.

Pertandingan babak tunggal kedua mempertemukan Nailah Safina dari Sulsel dan Rindifida A. Praquinta dari Sumut. Pada set pertama Nailah unggul dengan perolehan skor 6-1. Dominasi Nailah dilanjutkan ke set kedua dengan perolehan skor yang sama dengan set sebelumnya, 6-1.

Laga antara Sulsel dan Sumut ditutup oleh pertandingan ganda antara pasangan Nurhadanah S. Rinwar dan Fitri Nabelida Ridwan dengan Indah Safira Sitohang dan Avrillafayzza S. Pradina.

Pada set pertama, pasangan Nurdhanah-Fitri berhasil mendominasi dengan mencetak tiga angka berturut-turut, 3-0. Pada pertengahan pertandingan, pasangan Indah-Avrillafayzza memberikan perlawanan dan memperkecil kedudukan menjadi 3-4.

Perlawanan pasangan Indah-Avrillafayzza mampu dihentikan Nurdhanah-Fitri setelah mereka mencetak dua angka tanpa balas sehingga pertandingan berakhir dengan skor 6-3, kemenangan untuk Sulsel pada laga ganda sekaligus pertandingan hari ini.

Setelah menang dari Sumut dengan skor akhir 3-0, regu putri Sulsel dijadwalkan akan berhadapan dengan lawan satu grupnya yakni Jawa Timur pada pertandingan berikutnya di babak penyisihan Pool A.

Sementara itu di Pool B, Aceh unggul atas Riau dengan skor akhir 2-1 sehingga pada pertandingan selanjutnya akan berhadapan dengan Papua Barat.

Sedangkan di Pool C, Nusa Tenggara Barat menang atas Lampung dengan perolehan skor 2-1. Untuk pertandingan berikutnya, Nusa Tenggara Barat akan berhadapan dengan DKI Jakarta.

Di Pool D, Jawa Barat unggul atas Kalimantan Timur dengan skor 3-0. Pertandingan berikutnya, Jawa Barat akan menghadapi Kalimantan Selatan.

Baca juga: Aceh lumat Sumut pada penyisihan perdana tenis beregu putra

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024