Deli Serdang (ANTARA) - Jawa Tengah (Jateng), DKI Jakarta, Jawa Barat (Jabar), dan Jawa Timur (Jatim) kompak menang pada cabang olahraga bulu tangkis nomor beregu putra Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 yang dimainkan di GOR PBSI Sumut, Deli Serdang, Minggu.

Jateng dari Grup A mengulangi torehan beregu putri yang menang 5-0. Diawali dengan kemenangan Zaki Ubaidillah dengan skor 21-13, 21-6 atas wakil Sumatera Utara Muhammad Alvin pada laga pertama, Jateng tanpa ampun melibas empat lawan selanjutnya.

Dari Grup B, hal yang sama juga ditorehkan Jabar yang kembali menang dengan skor 5-0 setelah sang juara bertahan bulu tangkis PON itu mengandaskan Nusa Tenggara Barat.

Berlanjut ke Jakarta, mereka harus bersusah payah menaklukkan Sumatera Barat di Grup C. Setelah tertinggal 1-2 sampai laga ketiga, Ali Faathir Rayhan/Calvin Valentino dan Muhammad Hafizh/Wahyu Agung menjadi penentu kemenangan mereka.

Ali Faathir Rayhan/Calvin Valentino memenangi duelnya dengan Deri Danilo/Muhammad Yusuf dengan skor 21-7, 13-21, 16-21 dalam tempo 34 menit, sedangkan Muhammad Hafizh/Wahyu Agung menang dari Fikry Defano/Muhammad Hazel dua gim langsung 21-14, 21-16 dalam tempo 45 menit.

Baca juga: Bulu tangkis - Jawa Barat bertekad pertahankan gelar juara

Dari Grup D, Jatim menang 4-1 dari Aceh. Satu-satunya kekalahan wakil Jatim diderita oleh Aquiritto Jesse Cahyadi setelah ia kalah 14-21, 14-21 dari Muhammad Rafi Zafran.

Kemenangan pada laga perdana ini membuat Jateng, Jakarta, Jabar, dan Jatim memuncaki grupnya masing-masing. Nantinya, masing-masing juara grup akan melaju ke babak semifinal.

Berikut hasil lengkap penyisihan grup beregu putra PON Aceh-Sumut 2024:

Grup A

Jawa Tengah 5-0 Sumatera Utara

Grup B
Jawa Barat 5-0 Nusa Tenggara Barat

Grup C
DKI Jakarta 3-2 Sumatera Barat

Grup D
Jawa Timur 4-1 Aceh.

Baca juga: Bulu tangkis - Jateng targetkan satu emas dari bulu tangkis PON 2024

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024