Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong berharap dua pemain keturunan Indonesia berpaspor Belanda Mees Hilgers-Eliano Reijnders dapat membela skuadnya mulai November 2024.

"Saya berharap mereka bisa bermain pada November. Kalau Oktober sepertinya sulit," ujar Shin di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu.

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders tengah menjalani proses naturalisasi atau pewarganegaraan agar dapat memperkuat tim nasional Indonesia.

Mereka sudah bersua dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir pada Jumat (6/9) di Jakarta dan sempat berlatih bersama skuad timnas Indonesia keesokan harinya.

Belum ada keterangan resmi baik dari PSSI maupun pemerintah terkait sudah di tahap mana naturalisasi Hilgers dan Reijnders.

Kedua nama itu harus mengikuti beberapa tahap sebelum menjadi WNI mulai dari pemberian rekomendasi dari PSSI ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Kemudian, prosesnya akan melibatkan banyak pihak seperti Kementerian Hukum dan HAM, DPR RI dan, terakhir, Presiden Republik Indonesia.

Baca juga: Mees Hilgers sudah lama ingin bela Timnas Indonesia

Terkait hal itu, manajer timnas Indonesia yang juga Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Kombes Pol Sumardji meminta masyarakat untuk menunggu perkembangan.

"Nanti pasti dikabarkan jika ada perkembangan," tutur Sumardji.

Sementara terkait apakah Mees dan Eliano akan menonton laga Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia timnas Indonesia melawan Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (10/9), dia memastikan tidak karena mereka sudah kembali ke Belanda.

"Eliano kembali tadi pagi, Mees kemarin," ujar Sumardji.

Baca juga: Shin atasi keletihan timnas Indonesia setelah imbangi Arab Saudi

Pada November 2024, Indonesia akan menjalani dua laga kandang di Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yakni menghadapi Jepang (14 November) dan Arab Saudi (19 November).

Eliano Reijnders adalah pemain klub Liga Belanda Eredivisie PEC Zwolle dengan posisi bek kanan atau kiri. Pada musim ini, pesepak bola berusia 23 tahun itu selalu bermain di empat laga Zwolle dengan tiga di antaranya bermain penuh.

Eliano merupakan adik kandung dari gelandang klub AC Milan dan timnas Belanda Tijjani Reinders. Mereka merupakan keturunan Indonesia karena ibunya berasal dari Ambon.

Mees Hilgers, juga berumur 23 tahun, adalah bek tengah klub Eredivisie Twente FC. Mees selalu bermain penuh pada dua laga terakhir Twente di liga musim ini. Dirinya juga merumput pada dua laga putaran ketiga kualifikasi Liga Champions UEFA 2024-2025 menghadapi RB Salzburg.

Sama seperti Eliano, Mees Hilgers pun memiliki ibu dari Indonesia, tepatnya dari Sulawesi Utara.

Baca juga: Jay Idzes sangat bangga jadi kapten Indonesia saat lawan Arab Saudi

Baca juga: Erick Thohir: Maarten Paes stabilkan lini pertahanan timnas

Baca juga: Ketua Umum PSSI minta Elkan Baggott membuka diri


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024