Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong mengatakan, dia dan staf mengatasi keletihan skuadnya setelah mengimbangi tuan rumah Arab Saudi 1-1 pada laga Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Jumat (6/9) dini hari WIB.

:Secara keseluruhan tim dalam kondisi baik tapi bohong kalau tidak capai," ujar Shin di sela latihan timnas Indonesia di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu.

Itulah yang membuat juru taktik asal Korea Selatan tersebut tidak memberikan pemainnya menu latihan yang berat terutama bagi anak-anak asuhnya yang tampil melawan Arab Saudi.

Salah satu pemain yang kondisinya disorot Shin adalah kiper Maarten Paes. Paes, yang tampil gemilang ketika melawan Arab Saudi dengan penyelamatan penaltinya, disebut Shin letih lantaran harus beraktivitas di tiga negara dengan zona waktu berbeda secara beruntun.

"Paes datang dari Amerika Serikat ke Arab Saudi. Kemudian langsung berangkat ke Indonesia setelah bertanding," kata dia.

Baca juga: Penyelamatan penalti Paes warnai hasil imbang Indonesia dan Arab Saudi

Shin tidak mau stamina pemainnya terkuras cepat saat pertandingan lanjutan Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 menghadapi Australia, Selasa (10/9), di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, mulai pukul 19.00 WIB.

Sebab, menurunnya kondisi fisik dapat berpengaruh kepada konsentrasi dan itu sangat mempengaruhi jalannya laga.

Shin Tae-yong memang tidak ingin Indonesia kehilangan poin ketika bersua Australia di kandang sendiri.

"Kami melawan Australia di 'home'. Jadi kami akan berupaya semaksimal mungkin mampu mendapatkan poin," tutur dia.

Baca juga: Shin Tae-yong: Kesolidan pertahanan kunci tahan imbang Arab Saudi

Sejauh ini, Shin Tae-yong tidak memiliki pemain yang cedera di skuadnya. Artinya, setiap pemain siap merumput kontra Australia.

Akan tetapi, dari 26 pemain yang dipanggil Shin untuk putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 pada September 2024, ada nama yang belum bergabung salah satunya bek Justin Hubner.

Saat Indonesia bersua Arab Saudi, Justin belum dapat bermain karena masih menjalani sanksi larangan bermain satu laga akibat akumulasi kartu kuning pada putaran kedua.

"Tergantung kondisi nanti. Mungkin akan ada perbedaan ketika Justin bermain atau tidak," kata Shin.

Saat ini, Indonesia berada di posisi keempat klasemen sementara Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di bawah peringkat satu Jepang (enam poin), kedua Bahrain (enam poin) dan ketiga Arab Saudi (satu poin). Di posisi kelima dan keenam ada Australia dan China dengan nol poin.

Arab Saudi berada di atas Indonesia karena pada pertandingan kedua tim, Arab Saudi hanya mendapatkan dua kartu kuning sementara Indonesia tiga kartu kuning.

Baca juga: Erick Thohir soroti stamina pemain timnas saat lawan Arab Saudi

Baca juga: Jelang Indonesia vs Australia, Ketum PSSI pastikan GBK dalam kondisi baik


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024