"Kami hadir di tengah-tengah mahasiswa UNG melalui program Bawaslu Ngampus. Kehadiran ini dalam rangka mengajak seluruh mahasiswa untuk sama-sama mendukung pengawasan pelaksanaan seluruh tahapan pilkada di seluruh Provinsi Gorontalo,"
Gorontalo (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Gorontalo mengajak seluruh mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo (UNG) untuk mengawasi bersama pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024.

"Kami hadir di tengah-tengah mahasiswa UNG melalui program Bawaslu Ngampus. Kehadiran ini dalam rangka mengajak seluruh mahasiswa untuk sama-sama mendukung pengawasan pelaksanaan seluruh tahapan pilkada di seluruh Provinsi Gorontalo," kata Anggota Bawaslu Provinsi Gorontalo Mohamad Fajrin Arsyad di Gorontalo, Minggu.

Menurutnya kehadiran lembaga pengawas pemilu dalam rangka memberikan edukasi kepada mahasiswa untuk berperan sebagai pengawas Pilkada Serentak Tahun 2024.

Bawaslu Ngampus merupakan salah satu strategi yang dilaksanakan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam melakukan pengawasan Pemilu dengan melibatkan mahasiswa.

"Dengan aktifnya mahasiswa melakukan pengawasan, diharapkan proses pemilu serentak dapat berlangsung jujur, transparan dan adil sehingga dapat meningkatkan kepercayaan publik," katanya.

Bawaslu sangat memerlukan dukungan dari berbagai pihak, salah satunya kelompok mahasiswa dalam melakukan pengawasan pada setiap tahapan pemilu.

Partisipasi aktif dalam melakukan pemantauan terhadap berbagai pelanggaran dan melaporkannya kepada Bawaslu.

Wakil rektor bidang akademik Dr. Abdul Hafidz Olii, M.Si mengatakan sangat menyambut baik program Bawaslu Ngampus yang hadir di UNG.

Program ini dapat dimanfaatkan mahasiswa untuk proses pembelajaran sebagai elemen penting dalam menyukseskan pelaksanaan pengawasan pemilu yang jujur dan adil.

"Mahasiswa dapat hadir sebagai bagian masyarakat intelektual yang dapat melaksanakan peran untuk ikut serta mendukung fungsi pengawasan pada seluruh tahapan pemilu yang dilaksanakan kali ini," kata Hafidz.

Bawaslu Ngampus dilaksanakan di aula rektorat UNG, juga disambut antusias oleh ratusan mahasiswa yang hadir memadati ruangan pelaksanaan kegiatan.

Bawaslu Ngampus sebagai program strategis Bawaslu Provinsi Gorontalo mengangkat tema meningkatkan peran partisipasi mahasiswa dalam pengawasan pemilihan serentak tahun 2024.

Kegiatan tersebut menghadirkan lima narasumber utama yang terdiri dari tenaga ahli DPR RI, penggiat pemilu, serta akademisi.

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024