Deli Serdang (ANTARA) - Jawa Tengah (Jateng) menargetkan membawa pulang satu medali emas dari bulu tangkis di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Jateng ingin memperbaiki prestasi di PON Aceh-Sumut 2024 setelah pada edisi sebelumnya di Papua 2021 mendapatkan satu medali perak dan dua perunggu.

"Tahun lalu kan terkendala kekurangan pemain karena ada beberapa pemain yang ikut Thomas Cup. Jadi kalau untuk tahun ini kita target satu emas," kata pelatih bulu tangkis Jateng Hayom Rumbaka ketika ditemui ANTARA di sela-sela hari pertama nomor beregu putri PON XXI Aceh-Sumut 2024 di GOR PBSI Sumut, Deli Serdang, Minggu.

Pria yang merupakan mantan tunggal putra nasional itu berharap satu emas dapat diraih dari tujuh nomor yang dipertandingkan, tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, ganda campuran, beregu putri, dan beregu putra.

"Semua punya peluang, tapi saya berharap satu emas, kalau lebih syukur," kata Hayom.

Baca juga: Bulu tangkis - Jawa Barat bertekad pertahanan gelar juara

Hayom menambahkan, raihan emas di PON Aceh-Sumut 2024 akan sangat membanggakan, baik bagi Jateng, atlet, atau dirinya sebagai pelatih.

"Secara untuk individu pemainnya kan PON ini bergengsi empat tahun sekali. Kalau bisa dapat hasil maksimal itu jadi kebanggaan tersendiri," tambahnya.

Pada hari ini, Jateng mengawali laga beregu putri dan beregu putra dari Grup A dengan sangat memuaskan setelah meraih kemenangan 5-0.

Di beregu putri, Jateng mengalahkan Kalimantan Timur melalui Aura Ihza Aulia yang menang 21-16, 21-14 dari Rabelvrili Cantika, Sausan Dwi Ramadhani yang menang 21-12, 21-15 dari Arisma Nur Rahmadani, Salsabila Amiradana yang menang 21-15, 21-16 dari Nella Puspita, Bernadine Anindya/Velisha Christina yang menang 21-10, 21-16 dari Arisma Nur/Siti Mutmainah, dan Ardita Anjani/Titis Maulida yang menang 23-21, 21-9 dari Nella Puspita/Ryani Puspita Dewi.

Sementara untuk beregu putra, Jateng mengalahkan tim tuan rumah Sumatera Utara. Zaki Ubaidillah mengawali kemenangan Jateng dengan skor 21-13, 21-6 atas Muhammad Alvin pada laga pertama.

Empat kemenangan berikutnya kemudian diraih Emanuel Joseph/Michael Owen dengan skor 21-18, 21-16 dari Muhammad Fikri/Muhammad Tri, Richie Duta dengan skor 21-11, 21-9 dari Jeremiah Mark, Muh Voyage Afrisal/Yuke Gamareza dengan skor 17-21, 21-19, 21-18 dari Axxel/Yoga Perkasa Putra, dan Raditya Bayu dengan skor 21-9, 21-6 dari Owen Felixciano.

Baca juga: Sumut bidik dua emas dari tunggal putri dan ganda putra bulu tangkis

Baca juga: Bulu tangkis - Beregu putri Jateng, Jakarta, Jabar, dan Jatim sempurna

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024