Aceh Timur (ANTARA) - Kontingen Aceh berhasil meraih dua medali emas setelah menyandingkan juara sepak takraw PON XXI Aceh-Sumut untuk nomor double event atau pertandingan dengan dua pemain di lapangan.

Dua medali emas tersebut diraih setelah putra dan putri Aceh menang di partai puncak di Gedung Idi Sport Center, Idi, ibu kota, Kabupaten Aceh Timur, Minggu.

Medali emas pertama diraih dari kelompok putri setelah Megawati dan kawan-kawan mengalahkan Jambi dengan skor meyakinkan 2-0 (15-5, 15-7).

Dengan kemenangan tersebut, Aceh tidak pernah kalah sejak dari babak penyisihan grup nomor double event putri.

Baca juga: Aceh hadapi Sumut dalam final sepak takraw putra PON 2024

Sedangkan medali emas kedua, diraih M Ikhsan dan kawan-kawan dari kelompok putra setelah menang dramatis tiga set atas Sumatera Utara (Sumut). Aceh menang 2-1 dengan poin 15-13, 13-15, dan 17-16.

Bertanding di partai puncak nomor double event, Aceh dan Sumut bermain saling kejar mengejar poin. Aceh akhirnya menutup pertandingan set pertama dengan poin 15-13.

Kejar mengejar poin juga terjadi di set kedua. Namun, Sumut yang diperkuat Yudha Riski Pratama akhir mampu menuntaskan perlawanan anak-anak Aceh dengan poin tipis 15-13

Permainan dramatis terjadi di set ketiga. Kedua tim bermain saling kejar mengejar poin. Permainan sempat terhenti ketika posisi poin 13-11 karena wasit menyatakan smes pemain Aceh keluar lapangan.

Penonton menyoraki wasit karena keputusan menguntungkan Sumut. Petugas keamanan juga berupaya menenangkan penonton yang berada di tribun.

Setelah dilakukan pergantian wasit utama, pertandingan dilanjutkan pada posisi poin 13-11 untuk keunggulan Sumut. Aceh berhasil menyamakan kedudukan 15-15.

Pertandingan kembali terhenti beberapa saat karena net yang digunakan rusak dan diganti dari lapangan yang lain. Posisi poin saat permainan dihentikan 16-15 untuk keunggulan Sumut.

Kemudian, permainan dilanjutkan dan Aceh berhasil menyamakan kedudukan 16-16. Aceh akhirnya menutup laga dengan kemenangan tipis 17-16. Kemenangan tersebut disambut gemuruh ratusan penonton yang memadati Gedung Idi Sport Center.

Dengan kekalahan tersebut, Sumut meraih medali perak. Sedangkan perunggu diraih Banten dan Riau. Sementara, medali perak putri diraih Jambi dam perunggu diraih Bali dan Nusa Tenggara Timur.

Baca juga: Aceh dan Jambi lolos final sepak takraw putri PON XXI 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024