Aceh (ANTARA) - Sebanyak 22 tiket untuk tampil di babak final tujuh nomor dayung rowing Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 telah dipastikan pemiliknya setelah rangkaian 14 race yang berlangsung di Bendungan Keuliling, Kabupaten Aceh Besar, Minggu,

"Merujuk ke data yang sudah masuk setelah babak penyisihan hari pertama, ada 22 (kompetitor) yang sudah memastikan diri lolos ke babak final," kata Wakil Sekretaris Jenderal Pengurus Besar (PB) Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB Podsi) Brata Tryana Hardjosubroto di Kabupaten Aceh Besar, Minggu.

Brata menyebutkan ke-22 tiket final tersebut dihasilkan dari 14 balapan dari tujuh nomor yang dilangsungkan sepanjang Minggu sejak pukul 08.30 WIB hingga 12.50 WIB.

Ketujuh nomor tersebut meliputi Light Weight Single Sculls, Light Weight Double Sculls, Single Sculls, Coxless Fours, Coxless Pairs, Double Sculls, dan Quadruple Sculls.

Dua nama telah memastikan tiket final nomor Light Weight Single Sculls yakni Lola Hanarina Blegur asal DKI Jakarta dan Mutiara Rahma Putri asal Jambi.

Kemudian di nomor Light Weight Double Sculls, tiket final telah diperoleh oleh perwakilan Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Jambi.

Di nomor Single Sculls, tiket final telah dikantongi atlet dayung Maluku Issa Behuku dan wakil Jambi Mutiara Rahma Putri.

Baca juga: Mutiara Rahma Putri jadikan pengalaman Olimpiade Tokyo motivasi di PON
Baca juga: Atlet Olimpiade Tokyo pastikan satu tempat di partai final dayung PON


Selanjutnya, tim beregu Jawa Barat, Sulawesi Tengah, dan Jawa Timur telah mendapatkan tiket final nomor Coxless Fours.

Perwakilan Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Sulawesi Selatan juga sudah menjejakkan kaki ke babak final Coxless Pairs.

Pada nomor Double Sculls tiket final sudah menjadi milik pasangan Maluku, Jambi, Jawa Barat, dan DKI Jakarta.

Sedangkan untuk nomor Quadruple Sculls, Jawa Barat dan Maluku menjadi dua tim yang telah memperoleh tiket final.

Babak penyisihan dayung rowing dijadwalkan masih akan berlangsung pada Senin (9/9) dengan melombakan 15 race lain.

Brata memastikan para atlet yang gagal di babak penyisihan hari pertama maupun kedua masih memiliki peluang masuk ke partai final lewat jalur repechage atau kesempatan ulang.

"Untuk repechage itu mutlak keputusan technical delegate," ujarnya menegaskan.

Cabang olahraga dayung rowing memperebutkan 18 medali emas yang diperlombakan dalam 18 nomor sepanjang PON Aceh-Sumut.

Baca juga: 62 atlet dayung gunakan wild card pada PON XXI
Baca juga: Panitia pelaksana bagi dua tahap babak penyisihan dayung nomor rowing

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024